Semarakkan FKR VIII, Talent TKC Tampilkan Kostum Mandau, Buah Lai dan Tanduk Payau

Kostum bertemakan Buah Lai ditampilkan salah satu talent TKC dalam gelaran Fsetival Kota Raja VIII
(Foto: Endi)

Sejumlah talent Tenggarong Kutai Carnival (TKC) tampil menyemarakkan gelaran Festival Kota Raja (FKR) VIII, Sabtu (13/07/2019) siang.

Start dari panggung FKR di halaman parkir Stadion Rondong Demang, Tenggarong, para talent kemudian melintasi Jalan Stadion, Jalan Teratai, Jalan KH Dewantara, dan finish di depan kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martaddipura.

"Tahin ini ada tiga tema kearifan lokal baru yakni Mandau, Buai Lai, dan Tanduk Payau (Rusa) yang ditampilkan kurang lebih 24 talent," terang Kepala Dinas Pariwisata Kukar, Sri Wahyuni.

Para talent sebelumnya melakukan riset yang kemudian dirancang menjadi sebuah kostum. "Jadi ini salah satu cara kita menginventarisasi budaya. Hingga kini ada sekitar 15 sampai 18 tematic yang telah di riset untuk kostum " ujar Sri.

Di gelaran FKR VIII TKC juga menampilkan kostum bertemakan Mandau dan Tanduk Payau
(Foto: Endi) 

Ia berharap, kedepan TKC bisa menjadi bagian dari seni pertunjukan dan tidak hanya sebagai hiburan tapi juga masuk dalam dunia showbizz.

"Kita berharap ada usaha-usaha showbizz bisa bekerja sama dengan manajemen TKC dan pernak pernik kostum karnaval juga bisa menjadi sumber ekonomi," kata Sri.

Mewakili Bupati Kukar Edi Damansyah, Sekretaris Daerah (Sekda) Sunggono, berharap, tema yang diusung dapat menambah kecintaan masyarakat terhadap kearifan lokal, serta menjadi motivasi dan inspirasi kepada semua pihak.

"Dengan menjaga dan melestarikan kearifan lokal, bisa menjadikan salah satu wujud bagaimana kita bisa berkreasi serta menjadi nilai tambah," ucapnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top