Pawai Merah Putih Meriahkan HUT RI Ke-74 di Tenggarong, Diikuti Ribuan Peserta

Ribuan peserta pawai termasuk pelajar SD memeriahkan rangkaian HUT RI ke-74 di Tenggarong
(Foto: Endi)

Cuaca panas di Tenggarong tak menghalangi antusiasme ribuan peserta pawai merah putih pada rangkaian kemeriahan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74, Minggu (18/08).

Peserta pawai berkumpul sejak pukul 06.00 Wita, terdiri dari pelajar SD, SMP, SMA, Umum, OPD, TNI - Polri, hingga mobil hias. Panita menyebutkan ada sekitar 4 ribu peserta yang berpartisipasi.

Iring-iringan peserta pawai disaksikan masyarakat yang memadati sepanjang Jalan Wolter Monginsidi, KH Akhmad Mukhsin, Sudirman, bundaran Aji Imbut, Jembatan Bongkok, hingga sekitar panggung kehormatan di Jalan Diponegoro atau depan Museum Mulawarman.

Setiap peserta unjuk kebolehan di depan panggung kehormatan, disaksikan Bupati Kukar Edi Damansyah yang didampingi Sekda Kukar Sunggono beserta jajaran, bersama unsur Forkopimda.

Berbagai atraksi ditampilkan, ada peragaan busana hasil daur ulang sampah, penampilan Pocil, Paskas, marching band, tari tradisional, tausiyah, habsy, senam, flash mob, hingga beladiri. Pakaian peserta pawai juga menampilkan ragam nusantara serta kostum unik kreatif.

Warga menyerbu gunungan hasil bumi dari kendaraan hias peserta pawai merah putih di Tenggarong
(Foto: Endi)

Tak kalah meriah tatkala rombongan kendaraan hias yang membawa hasil bumi dan dibentuk dalam gunungan, dalam hitungan menit ludes diserbu warga, bahkan ikan sungai yang dibagikan secara gratis tak luput jadi rebutan.

Kemeriahan pawai yang berakhir pada pukul 13.30 Wita ini pun mendapat apresiasi Bupati Kukar Edi Damansyah. "Saya menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas partisipasi warga masyarakat dalam rangkaian peringatan HUT RI yang ke 74," ujarnya.

Ia juga mengapreasiasi beberapa OPD yang menyampaikan capaian kinerja dalam pawai tersebut berkaitan dengan layanan publik. "Tentunya ini bagian dari informasi yang disampaikan kepada masyarakat," ucapnya.

Dikatakan Edi, pawai merah putih telah berjalan lancar dan sukses serta mendapat animo luar biasa. "Semoga ini bisa terus kita lakukan dan ditingkatkan terutama yang berkaitan dengan peran serta masyarakat yakni semangat kebersamaan gotong royong, Betulungan Etam Bisa," tandasnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top