Tim Penanggulangan Karhutla Diberangkatkan Ke Tabang

Apel pemberangkatan Tim Karhutla Kukar ke Tabang diikuti 127 peserta dari berbagai instansi
(Foto: Humas Polres kukar)

Tim Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) diberangkatkan ke kecamatan Tabang, Kutai Kartanegara (Kukar), Selasa (24/09) siang.

Sebelum diberangkatkan, terlebih dahulu dilakukan apel dihalaman Mako Polres Kukar yang dipimpin Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar sekaligus penyematan pita kepada perwakilan Tim Karhutla.

Apel diikuti oleh 127 personil dari sejumlah instansi, di antaranya personel Polres Kukar, personel Kodim 0906/Tenggarong, Satpol PP, serta anggota BPBD.

Kapolres mengatakan, maksud dan tujuan apel ini untuk mengecek kesiapan personil maupun semangat personil, serta menyatukan tekad untuk saling gotong royong dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan tahun 2019.

"Jangan biarkan kita di kepung asap, tetapi kitalah yang harus mengepung asap," ucapnya dihadapan peserta apel.

Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar menyematkan pita kepada perwakilan masing-masing instansi
(Foto: Humas Polres Kukar)

Kebakaran hutan dan lahan, sambung Kapolres, akan menimbulkan kerugian negara yang sangat besar, sehingga mempengaruhi pertumbuhan ekonomi nasional. 

"Bukan itu saja, karena adanya Karhutla, Indonesia mendapat pandangan negatif di mata dunia. Asap yang ditimbulkan dari kejadian itu membawa dampak juga terhadap kesehatan masyarakat seperti penyakit ISPA akibat menghirup udara yang tidak sehat," imbuhnya.

Untuk itu penanganan dan penanggulangan Karhutla harus dilakukan secara sinergi oleh semua pihak sesuai Instruksi Presiden Nomor 16 Tahun 2011 Tentang Peningkatan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan .

"Upaya preventif yang dilakukan saat ini dengan membentuk Satgas penanggulangan Karhutla, melaksanakan patroli, memasang spanduk himbauan, melakukan penyuluhan terus menerus ke masyarakat oleh tim terpadu Karhutla," ujar Kapolres.

Drinya berpesan, seluruh personel yang tergabung dalam Tim Karhutla untuk tetap mengutamakan keselamatan personil dalam melaksanakan penanggulangan karhutla.

"Kobarkan semangat, dan terus semangat untuk bersama-sama tanggulangi Karhutla," ucap Kapolres mengakhiri sambutannya. (Humas/Res-Kukar/end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top