Disdikbud Kukar Sosialisasikan Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

Kabid PAUD dan PNFI Disdikbud Kukar Maria Ester sampaikan pentingnya pendidikan anak usia dini
(Foto: Endi)

Sinergi dalam memperluas akses dan meningkatkan mutu pendidikan anak usia dini menjadi tema dalam sosialisasi program PAUD yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar, Kamis (28/11) di Pendopo Bupati Odah Etam, Tenggarong.

Kabid PAUD dan PNFI (Pendidikan non Formal dan Informal) Disdikbud Kukar Maria Ester, mengatakan, kegiatan ini diharapkan menghasilkan sinergi dari berbagai pihak, sehingga anak-anak mendapatkan pendidikan sejak usia dini. 

"Kita bersama-sama memastikan anak usia dini ini bisa terlayani di lembaga-lembaga PAUD baik di TK, Kelompok Bermain, TPA atau SPS," ujarnya.

Dikatakan Ester, Disdikbud Kukar membutuhkan mitra dan stakeholder terkait untuk membangun pendidikan usia dini. Ia meminta peserta yang hadir membantu mensosialisasikan serta mengkampanyekan pentingnya program PAUD.

"Sehingga masyarakat yang selama ini menganggap PAUD itu tidak penting, nantinya akan paham jika pendidikan anak usia dini sangat penting," sambungnya.

Dijelaskannya, sesuai peraturan pemerintah Nomor 2 Tahun 2018, pendidikan anak usia dini merupakan urusan wajib pemerintah kabupaten/kota. Ester menyebutkan, untuk kesiapan selanjutnya, peraturan pemerintah tersebut akan ditindaklanjuti.

"Nanti akan kita terapkan wajib PAUD sebelum masuk sekolah dasar, salah satunya melalui sosialisasi kepada seluruh masyarakat melalui pimpinan tertinggi di desa/kelurahan," cetusnya.

Nara sumber dalam kegiatan ini salah satunya Bunda PAUD Kukar Maslianawati Damansyah. Ada 4 topik diskusi disampaikannya, yakni pengertian PAUD dan Bunda PAUD, tugas/peran, struktur organisasi/tata kerja, serta indikator dan keberhasilan PAUD.

Sosialisasi diikuti peserta dari kecamatan Tenggarong, Loa Kulu, Loa Janan, Tenggarong Seberang, Sebulu, Muara Kaman, beserta Camat dan Lurah/Kepala Desa setempat. Sebelumnya kegiatan serupa juga dilaksanakan di 12 kecamatan di Kukar. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top