Home Stay, Pilihan Menginap Saat Wisata Ke Pantai Biru Desa Kersik

 Jembatan panjang Pantai Biru Kersik merupakan daya tarik yang kerap dijadikan obyek swafoto
(Foto: FB Pantai Biru Kersik) 

Hamparan pasir putih serta jembatan panjang merupakan pesona yang ditawarkan Pantai Biru Desa Kersik. Obyek wisata yang berada di Kecamatan Marangkayu, Kutai Kartanegara (Kukar) ini pun memiliki sejumlah spot swafoto yang sayang untuk dilewatkan.

Di sekitar pantai memang tidak akan ditemui penginapan, tetapi tersedia home stay atau rumah warga lokal yang disewakan untuk menginap bagi wisatawan.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Kersik, Kasim mengungkapkan, keberadaan home stay ini dapat membantu meningkatkan ekonomi warga setempat.

"Penilaian standar kelayakan untuk dijadikan home stay dilakukan oleh Tim dari Polnes. Kami juga mendapat pelatihan dan bimbingan dari Dinas Pariwisata Kukar," ujarnya saat dihubungi media ini, Senin (07/12/2020).

Kasim menyebutkan, ada 7 home stay yang lokasinya berada tak jauh dari Pantai Biru Kersik. Biaya sewa untuk 1 malam yakni Rp 130 ribu per orang sudah termasuk makan pagi dan makan malam.

Home stay di Desa Kersik yang bisa menjadi pilihan menginap saat wisata ke Pantai Biru
(Foto: FB Pantai Biru Kersik)

"Sejak dibuka sudah ada 3 kali yang menginap di home stay, tetapi untuk harga bisa saja berubah kalau misalnya ada tambahan permintaan," katanya.

Dengan adanya home stay ini diharapkan mampu menarik minat wisatawan, terlebih di masa relaksasi pandemi COVID-19 terjadi peningkatan jumlah kunjungan.

"Untuk jumlah kunjungan di bulan September tercatat ada 3.658 orang, kemudian bulan Oktober 5.417 orang dan Nopember 4.893 orang," rinci Kasim.

Bagi pengunjung yang baru pertama kali ke Pantai Biru Kersik, tiket masuk ke obyek wisata ini sangat terjangkau.

"Rp 5 ribu untuk sepeda motor dan Rp 20 ribu untuk mobil. Jadi mau berapapun jumlah penumpangnya tetap dihitung kendaraannya," jelasnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top