Laka Air, Kapal Tugboat Tenggelam di Sungai Dusun Muara Kedang Kepala

Lokasi tenggelamnya kapal tugboat TB Mawar 5 di sungai Dusun Muara Kedang Kepala
(Foto: Istimewa)

Kapal tugboat TB Mawar 5 mengalami kecelakaan air (Laka Air) di sungai Dusun Muara Kedang Kepala, KM 0, Desa Bukit Jering, Kecamatan Muara Kaman, Kutai Kartanegara (Kukar), Rabu (06/01/2021) sekira pukul 08.45 Wita.

Kapolres Kukar AKBP Irwan Masulin Ginting melalui Kapolsek Muara Kaman AKP Triyadi mengatakan, kapal Tagboat TB Mawar 5 tenggelam saat membantu menarik tongkang Karunia 2 yang bermuatan batu koral palu. 

"Peristiwa terjadi tepatnya didepan pelabuhan umum muara Dusun Kedang Kepala hingga mengakibatkan Kapal TB MAWAR 5 yang membantu menarik ponton Karunia 2 tenggelam," bebernya. 

Ia menyebutkan, awalnya TB Karunia Samudera I menarik ponton Karunia 2 bermuatan batu koral dari Kota Palu - Provinsi Sulteng dengan tujuan Jetty PT Bayan Resources, KM 102, Desa Senyiur, Kecamatan Muara Ancalong, Kutai Timur (Kutim). 

"Pada saat TB Karunia Samudera I akan memasuki Sungai Muara Kedang Kepala meminta bantuan TB Mawar 5 karena kondisi muatan ponton batu koral cukup berat dan arus air cukup deras di Muara Kedang Kepala," kata Triyadi.

Namun ketika kapal TB Karunia Samudera I dan TB Mawar 5 bergerak dari arah sungai Mahakam menuju masuk ke arah perairan Muara Sungai Kedang Kepala, kondisi arus air sungai sangat deras sehingga kapal penarik kesulitan mengendalikan tarikan ponton.

"Menurut keterangan kapten kapal TB Mawar 5, Saudara Iskandar bahwa penyebab tenggelamnya kapal TB Mawar 5 dikarenakan tali toing (tali penarik) yang sangkut di bolder kiri bagian dek depan kapal dan menyebabkan kapal TB Mawar 5 melintangi tali toing ke arah kiri sehingga kapal terbalik ke arah sebelah kiri dengan kondisi arus sungai yang deras menyebabkan kapal tenggelam perlahan ke dasar sungai," jelasnya.

Seluruh awak kapal yang terdiri dari nahkoda dan ABK saat peristiwa terjadi segera lari dan terjun ke sungai untuk menyelamatkan diri, kemudian para awak kapal diselamatkan oleh warga Dusun Kedang Kepala menggunakan perahu ces.

"Atas peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa dan semua awak kapal dalam keadaan aman dan selamat," sambung Triyadi.

Sekitar pukul 10.30 Wita, proses evakuasi alur untuk ponton Karunia 2 sudah berhasil dilakukan ke tepi sungai di KM 1 Dusun Kedang Kepala oleh ABK kapal dan tim PT Bayan Resources dibantu warga setempat dengan pengamanan personil Satpolairud Polda Kaltim dan Polsek Muara Kaman.

"Saat ini arus pelayaran sudah kembali normal, sedangkan kerugian materil diperkirakan mencapai Rp 700 juta," demikian diterangkannya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top