Sunggono Ditunjuk Sebagai Plh Bupati Kutai Kartanegara

Sunggono menandatangani berita acara sertijab disaksikan Edi Damansyah dan Chairil Anwar
(Foto: Endi)

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah dan Wakil Bupati Chairil Anwar resmi memasuki purna bakti sisa masa jabatan periode 2016 – 2021.

Selanjutnya Sekretaris Daerah (Sekda) Sunggono ditunjuk menjabat sebagai Pelaksana harian (Plh) Bupati Kukar hingga Edi Damansyah yang memenangi Pilkada Kukar 2020 dilantik bersama pasangannya Rendi Solihin.

Sunggono saat menyampaikan sambutan pada acara serah terima jabatan di ruang serba guna kantor Bupati Kukar, Rabu (17/02/2021) mengatakan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Gubernur Kaltim telah menunjuk dirinya untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut.

Pada kesempatan itu, Sunggono atas nama jajaran pemerintah kabupaten serta seluruh masyarakat menyampaikan apresiasi kepada Edi Damansyah dan Chairil Anwar.

"Atas dedikasinya bersama-sama dengan seluruh masyarakat Kutai Kartanegara membangun kabupaten ini, sehingga suasana kehidupan kita sampai hari ini tetap kondusif dan pembangunan tetap berjalan sebagaimana yang diharapkan semua," tuturnya.

Sunggono menambahkan, sebagai Plh Bupati Kukar dirinya akan mengemban amanah sebatas pada kewenangan administratif.

"Dari beberapa literatur yang saya baca memang tidak ada kewenangan Plh itu yang bersifat politis apalagi yang bersikap kebijakan. Yang pasti Plh saya itu untuk mengantarkan kembali Pak Edi Damansyah dijabatan selanjutnya," tegasnya.

Edi Damansyah didampingi istri serta Chairil Anwar menerima kenang-kenangan 
(Foto: Endi)

Sementara itu Edi Damansyah mengucapkan terima kasihnya atas dukungan, peran serta, dan partisipasi jajaran pemkab dan seluruh masyarakat sehingga tugas sisa masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Kukar yang berakhir pada 16 Februari 2021 terlaksana dengan baik.

"Sehingga visi misi Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara Gerakan Pembangunan Rakyat Sejahtera (Gerbang Raja) bisa terlaksana walaupun ada beberapa target yang belum bisa kita capai 100 persen, tetapi gambaran secara umum bahwa tugas-tugas bisa kita laksanakan dengan baik," ucapnya.

Kepada Plh Bupati Kukar, ia berharap agar dapat melaksanakan tugas di pemerintahan dengan baik. "Jangan keluar dari relnya, kawal dengan baik, kooordinasi internal dan ekternal harus terus dilakukan," sambung Edi.

Chairil Anwar sendiri mengatakan jika dirinya dan Edi Damansyah sudah sejak lama bersama di dunia pemerintahan.

"Seperti yang beliau (Edi Damansyah, Red) katakan setiap jabatan ada masanya, ada periodesasinya. jadi ada pekerjaan-pekerjaan yang harus dilanjutkan," cetusnya.

Sekedar diketahui, sebelumnya Edi Damansyah menjabat sebagai Plt Bupati Kukar menggantikan Bupati non aktif kala itu Rita Widyasari hingga dilantik sebagai Bupati definitf pada 14 Februari 2019. Sedangkan Chairil Anwar terpilih sebagai Wakil Bupati pada sidang paripurna DPRD Kukar 5 Mei 2020 dan dilantik 15 Juni 2020. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top