Posko RT SIGAP di RT 01 Desa Rempanga Diluncurkan

Peluncuran Posko RT SIGAP oleh Bupati Kukar di RT 01, Desa Rempanga, Kecamatan Loa Kulu
(Foto: Eko Surya Winata)


Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah bersama Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kukar meluncurkan (launching) Posko RT SIGAP secara simbolis di RT 01, Desa Rempanga, Kecamatan Loa Kulu, Selasa (16/02/2021) malam.

Edi mengatakan, SIGAP merupakan kepanjangan dari Santun, Inisiatif, Gesit, Antisipatif, Peduli. Peluncurannya diharapkan bisa menjadi role model bagi RT Se Kukar.

"Tadi sudah dilakukan simulasi manajemen, apa sih yang dilakukan di Posko RT SIGAP, terutama kalau ada warga pendatang yang akan masuk ke lingkungan ini harus terkonfirmasi dan di cek dulu di Posko RT SIGAP," ujarnya.

Launching Posko RT SIGAP merupakan upaya percepatan pembentukan dan pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) secara mikro di Kukar yang akan terus di evaluasi efektifitasnya.

Launching Posko RT SIGAP ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Kukar Edi Damansyah
(Foto: Istimewa)

"Sehingga nanti betul-betul keberadaan Posko RT SIGAP  ini bisa memberikan kontribusi untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19," harap Edi.

Lanjutnya, Posko RT SIGAP tersebut dapat menjadi contoh bagi RT lainnya, mulai dari manajemen, SOP (Standar Operasional Prosedur) dan siapa saja yang terlibat.

"Jadi nanti standarnya satu di 193 desa, 44 kelurahan, di 18 kecamatan di wilayah Kutai Kartanegara," ucapnya.

Edi menyebutkan, penanggung jawab secara teknis Posko RT SIGAP adalah Kepala Puskesmas. Sedangkan untuk sarana prasarana seperti ambulan dan rumah singgah relatif tersedia. Sementara anggaran Posko SIGAP masuk dalam dana desa atau dana kelurahan.

"Karena memang ini kebijakan secara nasional sudah dibuatkan pedoman pembiayaannya. Kita menyesuaikan aja di kabupaten Kutai Kartanegara," tandasnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top