Puluhan Kelompok Relawan Kukar-Samarinda Latihan Bersama Pemadam Kebakaran

Latihan bersama pemadam kebakaran di Tenggarong diikuti puluhan relawan Kukar-Samarinda
(Foto: Endi)

Dalam rangka menghadapi bulan Ramadhan 1442 H, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar silaturahmi sekaligus latihan bersama pemadam kebakaran yang diikuti puluhan kelompok relawan Kukar dan Samarinda, Sabtu (03/04/2021) siang, di Waduk Panji-Sukarame, Tenggarong.

Kepala Pelaksana BPBD Kukar Marsidik, mengatakan, latihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan, baik bencana di pemukiman, hutan dan lahan serta bencana lainnya. Karenanya Samarinda dan Kukar merupakan satu kesatuan dalam menghadapi bencana tanpa mengenal batas wilayah. 

"Relawan harus eksis dalam membantu pemerintah daerah dalam rangka meminimalkan terjadinya kebencanaan atau mengurangi sedikit mungkin kerugian-kerugian akibat bencana," ujarnya.

Pada latihan ini para relawan diajarkan untuk bekerjasama dalam memberikan supply air tatkala terjadi kebakaran lahan dan hutan serta kebakaran pemukiman. Disimulasikan pula seakan-akan di lokasi bencana terkendala air, lalu cara mendapatkan air dan memanfaatkannya.

"Kelompok relawan masing-masing saling tukar menukar informasi dan kecanggihan peralatan. Saling asah, asih dan asuh, ilmunya dibagi-bagi supaya semua kemampuan dan kehandalannya meningkat," jelas Marsidik.

Kelompok relawan diajarkan bekerjasama dalam memberikan supply air saat terjadi kebakaran
(Foto: Endi)

Kasubid Kesiapsiagaan BPBD Kukar Muhammad Farid menyebutkan, ada sekitar 60 kelompok relawan dari Kukar dan Samarinda mengikuti latihan ini, masing-masing membawa peralatan pemadam seperti selang serta mesin alkon.

"Kita sangat berterima kasih dan mengapresiasi satuan-satuan relawan yang mempunyai kemampuan untuk membangun dirinya," ucapnya.

Menurutnya, para relawan telah menumbuhkan jiwa gotong royong di dalam lingkungan masing-masing. 

"Mereka mempunyai upaya untuk memiliki peralatan dan perlengkapan yang sifatnya menanggulangi kebencanaan, baik bencana alam maupun kebakaran. Inilah yang kita apresiasi," demikian disampaikan Farid. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top