Polres Kutai Kartanegara Musnahkan 5,6 Kg Sabu Senilai Rp 6 Miliar Beserta 1 Kg Ganja

Polres Kukar bersama Sultan Kutai ke XXI dan Forkopimda memperlihatkan barang bukti narkoba
(Foto: Endi)

Polres Kutai Kartanegara (Kukar) memusnahkan barang bukti kejahatan hasil pengungkapan Satuan Reserse Narkotika, Psikotropika dan Obat Berbahaya (Resnarkoba), Rabu (02/06/2021).

Kegiatan pemusnahan yang berlangsung di halaman belakang Mako Polres Kukar ini dilaksanakan bersama unsur Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat serta tokoh pemuda.

Kapolres Kukar AKBP Irwan Masulin Ginting mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan dengan cara diblender yakni  sabu-sabu seberat 5,619 gram atau 5,6 kilogram berasal dari tiga tersangka berinisial SD, MY dan MS yang diamankan pada pertengahan bulan April 2021 lalu.


Sedangkan barang bukti ganja dengan berat total 1.051 gram atau sekitar 1 kilogram yang berasal dari tersangka SW dimusnahkan dengan cara dibakar. Disebutkannya, pemusnahan ini merupakan hasil pengungkapkan narkotika terbesar di wilayah hukum Polres Kukar.

"Untuk sabu-sabu sendiri jika dinominalkan lebih kurang Rp 6 miliar dan ganja lebih kurang Rp 7 juta," beber Irwan didampingi Kasat Resnarkoba IPTU Encek Indrayani.

Terkait titik rawan peredaran gelap narkotika di Kukar, dia menyebutkan jika seluruh wilayah patut mewaspadai beredarnya barang haram tersebut, pasalnya di pedalaman yang terpencil pun jadi sasaran pengedar narkoba.

Sebanayak 1.051 gram ganja hasil pengungkapan Sat Resnarkoba Polres Kukar dimusnahkan
(Foto: Endi)

"Kita harus waspada bersama, peran serta masyarakat juga penting untuk melapor kepada pihak yang berwajib apabila mendengar atau mengetahui ada peredaran narkoba," imbaunya.

Kepada masyarakat, orang nomor satu di jajaran Polres Kukar ini mengingatkan agar mengawasi keluarga terutama anak-anak dari peredaran narkoba. 

"Karena narkoba ini sudah jelas-jelas merusak sehingga pemerintah menyatakan perang terhadap narkoba," tegas Irwan.

Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura ke-XXI Haji Adji Muhammad (HAM) Arifin yang juga hadir dalam pemusnahan narkoba tersebut menyampaikan apresiasinya kepada Kapolres Kukar beserta jajaran.

"Kita memberikan support dan angkat jempol dengan Polres Kukar. Kita basmi sampai habis (Narkoba, Red) sampai ke akar-akarnya," ucapnya.

Senada dengan Kapolres Kukar, putra sulung mendiang Sultan Kutai ke-XX HAM Salehoeddin II ini juga menyampaikan himbauan kepada seluruh masyarakat.

"Masyarakat berhati-hatilah adanya narkoba atau penyalahgunaan obat-obatan, supaya mengingatkan kepada orang tua untuk memberikan bimbingan kepada anak-anaknya," harap Sultan. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top