Meski Terpencil, Warga Desa Muara Enggelam Antusias Ikuti Vaksinasi COVID-19

Warga Mueng yang akan mengikuti vaksinasi terlebih dahulu menjalani pemeriksaan kesehatan
(Foto: Arian)

Meski tinggal di desa terpencil dan bermukim diatas danau, warga Desa Muara Enggelam (Mueng), Kecamatan Muara Wis, Kutai Kartanegara (Kukar), antusias mengikuti vaksinasi massal dosis pertama COVID-19, Kamis (02/09/2021).

Vaksinasi massal dimulai sejak pukul 10.30 hingga 16.00 Wita. Vaksinasi berlangsung di gedung pasar RT 003, Desa Muara Enggelam.

Tenaga kesehatan Puskesmas Pembantu (Pusban) Muara Enggelam, Ramsyah, menyebutkan, vaksin dosis pertama yang diberikan yakni jenis AztraZeneca.

"Yang datang memenuhi undangan 144 orang," ujar pria yang juga Direktur BumDes Bersinar Desaku saat dihubungi media ini.

Namun ada sekitar19 orang warga Mueng yang harus tertunda mendapatkan vaksin, rata-rata mengalami hipertensi di angka 180/100 mmHg.

"Sampai hari ini warga Mueng yang sudah di vaksin mencapai kurang lebih 107 orang." bebernya.

Salah satu warga Desa Muara Enggelam diberikan suntikan vaksin dosis pertama jenis AztraZeneca
(Foto: Ramsyah)

Ia mengatakan, sasaran vaksinasi massal ini mulai dari usia 18 tahun ke atas, sedangkan tim vaksinator merupakan tenaga kesehatan dari Puskesmas Muara Wis.

"Rata-rata usia produktif yang hadir. Alhamdulillah antusias warga cukup baik," sambung Ramsyah yang telah mendedikasikan dirinya untuk Desa Muara Enggelam.

Setelah observasi, warga yang akan meninggalkan lokasi vaksin diingatkan jika akan diupayakan vaksin kedua setelah menerima dosis pertama.

"Insya Allah kami akan bekerjasama lagi dengan Tim Satgas COVID-19 Desa Mueng untuk mendatangkan lagi tim vaksin COVID-19 Puskesmas Muara Wis ke Mueng dengan memfasilitasi transportasi dan makan minum melalui dana desa 8 persen," sambungnya.

Dia pun berharap agar warga yang belum di vaksin timbul kesadaran, sebab vaksinasi merupakan salah satu upaya perlindungan agar terbentuk Herd Immunity atau kekebalan kelompok.

"Apabila melalui vaksin baik dosis pertama dan kedua, yang apabila ingin capaian 80 persen warga harus di vaksin, maka warga Mueng kurang lebih 400 jiwa lagi harus di vaksin," cetus Ramsyah. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top