Kukar Satu-satunya Kabupaten Penerima Bantuan Mobil Laboratorium Dari KLHK

Kepala DLHK Kukar Alfian Noor berfoto di depan mobil laboratorium bantuan dari KLHK
(Foto: Endi)

Selain UPTD laboratorium lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kutai Kartanegara (Kukar) kini memliki 1 unit mobil laboratorium P3KLL-BLI-KLHK.

Baca JugaLaboratorium Lingkungan DLHK Kukar dan Radio Suara Kalpataru Diresmikan

Mobil laboratorium ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Kepala DLHK Kukar Alfian Noor menjelaskan, mobil tersebut merupakan bantuan yang diberikan KLHK pada tahun 2020 lalu.

"Itu cuma 5 yang diadakan di Indonesia, yang lainnya bantuan untuk provinsi. Satu-satunya kabupaten yang dapat di Indonesia cuma Kutai Kartanegara," ujarnya kepada sejumlah wartawan, Selasa (30/11/2021) lalu.

Diterimanya bantuan mobil laboratorium itu tak lepas dari upaya DLHK Kukar untuk mendapatkan bimbingan dari KLHK.

"Selama ini kita meminta pendampingan dan bimbingan terkait laboratorium kita. Mereka intens membantu bimbingan teknis terkait hal itu," ungkapnya.

Ia menambahkan, mobil laboratorium ini juga bisa dioperasionalkan untuk melakukan sidak (Inspeksi mendadak) di lapangan. Terkait hal itu, DLHK Kukar telah menjalin kerjasama dengan Balai Penegakkan Hukum (Gakkum) KLHK Wilayah Kalimantan di Samarinda. 

"Jadi kalau ada dari KLHK kesini, mereka tidak usah repot-repot lagi bawa alat dari Jakarta ke Kukar, cukup datang ke DLHK, alatnya sudah ada dan kita sama-sama melakukan sidak. Nanti bisa ada beberapa parameter yang langsung didapatkan hasilnya dari analis di mobil laboratorium ini," tukas Alfian. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top