75 Tahun Peristiwa Perjuangan Merah Putih SangaSanga Diperingati Hari Ini

Operet Merah Putih tutup acara peringatan 75 tahun peristiwa perjuangan merah putih SangaSanga
(Foto: Istimewa)


Upacara parade peringatan 75 tahun Peristiwa Perjuangan Merah Putih SangaSanga digelar di lapangan bola PT Pertamina EP Asset 5 Field SangaSanga, Kutai Kartanegara (Kukar), Kamis (27/01/2022) pagi.

Upacara diikuti peserta dari unsur TNI-Polri, Satpol PP, Ormas, pelajar/mahasiswa, guru, para pejabat serta Forkopimda di lingkungan Pemkab Kukar dan Pemprov Kaltim.

Turut hadir para ahli waris/keluarga pahlawan dan veteran Perjuangan Merah Putih SangaSanga, tokoh masyarakat, tokoh agama serta tokoh pemuda.

Bupati Kukar Edi Damansyah selaku inspektur upacara saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kaltim Isran Noor menyampaikan rasa syukur dan bangga karena kota SangaSanga menjadi salah satu kota bersejarah.

"Kota kenangan yang menjadi saksi perjuangan para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan dari belenggu penjajahan Belanda yang ketika itu kembali ingin berkuasa, terutama menguasai minyak di SangaSanga," ucap Edi yang hadir bersama Wakil Bupati Rendi Solihin.

Peristiwa heroik yang terjadi pada tanggal 27 Januari 1947 itu telah menorehkan sejarah yang patut dikenang sepanjang masa dan sebagai teladan perjuangan yang sepantasnya menjadi catatan sejarah penting diantara catatan sejarah nasional lainnya di tanah air.

Bupati Kukar Edi Damansyah mengembalikan bendera merah putih perjuangan SangaSanga
(Foto: Istimewa)


"Bung Karno mengatakan, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya. Oleh karena itu, jejak perjuangan para pahlawan harus dikenang dan dihargai, patriotisme kepahlawanan harus pula kita tularkan kepada generasi muda bangsa saat ini untuk senantiasa cinta tanah air dan sedia membela negara kesatuan Republik Indonesia," sambungnya.

Ditegaskan lagi, SangaSanga sebagai kota bersejarah tidak boleh tertingal dengan kecamatan-kecamatan lainnya di Kukar dan daerah lain yang ada di seluruh Kaltim.

"Terus gelorakan semangat membangun dan semangat gotong royong kemandirian daerah untuk mencapai daerah yang maju dan masyarakatnya yang mencapai keadilan, kesejahteraan dan kemakmuran," tambah Edi.

Acara dilanjutkan dengan pengembalian bendera merah putih perjuangan SangaSanga oleh Bupati Kukar kepada anggota Paskibraka dan ditutup Operet Merah Putih SangaSanga persembahan para pelajar di kota bersejarah ini. 

Berikutnya dilaksanakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Wadah Batuah, SangaSanga dan dilanjutkan dengan ramah tamah bersama para veteran, janda dan anak veteran Perjuangan Merah Putih SangaSanga.

Untuk diketahui, sehari sebelumnya, Rabu (26/01/2022) telah digelar serangkaian acara, yakni pelepasan peserta napak tilas, pembukaan pesta rakyat, pembukaan Ekspo UMKM, upacara kehormatan dan renungan suci. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top