Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2022, Bupati Kukar Sampaikan Amanat Kapolri

Edi Damansyah membacakan amanat Kapolri didampingi Kapolres Kukar dan Danramil Tenggarong
(Foto: Humas Polres Kukar)

Apel gelar asukan dalam rangka Operasi Ketupat Mahakam 2022 berlangsung di halaman Mako Polres Kutai Kartanegara (Kukar), Jumat (22/04/2022) pagi.

Giat ini mengusung tema "Wujud sinergi Polri dengan instansi terkait untuk menjamin masyarakat aman dan sehat dalam perayaan Idul Fitri 1443 H/2022 M".

Apel yang diikuti personel TNI-Polri, Satpol PP, Dishub, BPBD, PMI dan Senkom ini dipimpin Bupati Kukar Edi Damansyah didampingi Kapolres Kukar AKBP Arwin Amrih Wientama serta Danramil Tenggarong Lettu Inf Adhie Irawan.

Hadir Wakapolres Kukar Kompol Angga Indarta bersama jajaran Perwira, serta perwakilan dari sejumlah instansi.

Usai melakukan pemeriksaan pasukan, Edi Damansyah menyematkan pita tanda operasi kepada perwakilan peserta apel.

Dalam amanat tertulis Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo yang dibacakan Bupati Kukar diantaranya disampaikan, Polri dengan dukungan dari TNI, Pemerintah Daerah, dan pemangku kepentingan lainnya menyelenggarakan Operasi Ketupat 2022 selama 12 hari mulai 28 April hingga 09 Mei 2022. 

Fokus pengamanan adalah 101.700 obyek di seluruh Indonesia baik masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun KA, dan bandara. Dalam pelaksanaannya, operasi ini akan melibatkan 144.392 personel pengamanan gabungan yang terdiri atas 87.880 personel Polri, 13.287 personel TNI, serta 43.225 personel yang berasal dari instansi terkait.

Selain itu, pada dua minggu sebelum pelaksanaan operasi yaitu pada tanggal 14-27 April 2022, Polri telah melaksanakan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) dalam rangka cipta kondisi jelang operasi Ketupat dengan sasaran distribusi sembako, penyakit masyarakat, miras, judi, prostitusi, narkoba, petasan, balon udara yang mengganggu penerbangan dan lain-lain. 

Berbagai permasalahan menjelang, pada saat dan pasca Idul Fitri 1443 H/2022 M harus diantisipasi, kita harus bergandengan tangan bersinergi dengan seluruh stakeholder terkait agar umat muslim dapat menjalankan ibadah ramadan dengan khusuk dan puncaknya pada perayaan Idul Fitri serta masyarakat yang mudik berjalan lancar, aman dan sehat.

Kelonggaran-kelonggaran yang diberikan oleh pemerintah agar masyarakat dapat merayakan Idul Fitri bersama keluarga harus kita sikapi dengan tetap menjaga agar penyebaran COVID-19 tidak mengalami peningkatan.

Beberapa penekanan guna mendukung keberhasilan pelaksanaan Operasi Ketupat 2022 yaitu deteksi dini terhadap dinamika dan fenomena yang berkembang sehingga dapat melakukan langkah-langkah pencegahan yang prediktif.

Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dimanapun dan kapanpun. Rekan- rekan adalah wujud representasi negara di tengah- tengah masyarakat. 

Gelar kekuatan Polri pada Pos-Pos Pengamanan dan Pelayanan serta di Titik-titik rawan kriminalitas, titik-titik kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, sehingga mampu bertindak cepat dan tepat dalam melakukan tindakan Kepolisian guna menjamin masyarakat aman dan sehat.  (*/end) 

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top