167 Jamaah Calhaj Kloter 5 Kukar Diberangkatkan Ke Asrama Haji Balikpapan

Pelepasan 167 calhaj kloter 5 Kukar di mesjid Agung Sultan Sulaiman sebelum menuju Balikpapan
(Foto: Endi)

Suasana haru mewarnai pemberangkatan rombongan jamaah calon haji (Calhaj) kloter 5 Kutai Kartanegara (Kukar) di Mesjid Agung Sultan Sulaiman, Tenggarong, Minggu (26/06/2022) siang.

Usai sholat zuhur berjamaah, para calhaj mengikuti prosesi pelepasan oleh Bupati Kukar Edi Damansyah yang didampingi Wakil Bupati Rendi Solihin, Sekda Sunggono, serta Asisten I Akhmad Taufik Hidayat.

Atas nama pemerintah daerah, Edi menyampaikan apresiasi kepada Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kukar dan jajaran, panitia pelaksana ibadah haji 1443 H, serta seluruh pihak terkait.

"Bahwa persiapan pelaksanaan keberangkatan jamaah haji Kutai Kartanegara ini dari tahap demi tahap bisa dilaksanakan dan dilalui dengan baik," ucapnya.

Kepada para calhaj, dirinya mengingatkan sekaligus menyampaikan ucapan selamat atas keberangkatan di tahun ini setelah sebelumnya tertunda dua tahun berturut-turut lantaran pandemi COVID-19.

"Patuhi semua arahan dan bimbingan para petugas yang ditunjuk pemerintah, baik di tanah suci sampai dengan kembali ke tanah air," pinta dia.

Selaku Bupati, Edi mengajak seluruh umat muslim di Kukar untuk mendoakan para calhaj agar senantiasa diberikan keselamatan mulai dari pemberangkatan, masuk embarkasi haji, hingga nantinya diterbangkan ke tanah suci.

Bupati Kukar bersama Wabup dan Sekda serta Kepala Kemenag melepas keberangkatan para Calhaj
(Foto: Endi)

"Dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan ibadah-ibadah di tanah suci, kembali ke Kutai Kartanegara berkumpul dengan sanak keluarga dalam keadaan sehat pula, dan kita doakan menjadi haji mabrur," cetusnya.

Kepala Kantor Kemenag Kukar H Nasrun mengatakan, 167 calhaj kloter 5 telah melalui serangkaian pemeriksaan kesehatan, seperti vaksin meningitis, vaksin COVID-19, hingga tes PCR yang seluruhnya dinyatakan negatif.

"Jamaah haji ini telah dibekali dengan beberapa kali manasik, baik di tingkat kecamatan sebanyak 4 kali, tingkat kabupaten 2 kali, bahkan ada yang manasik mandiri melalui KBIH. Insya Allah mudah-mudahan jamaah sudah memiliki bekal untuk melaksanakan ibadah haji," harapnya.

Pemberangkatkan calhaj kloter 5 menggunakan 3 buah bus yang selanjutnya berhenti di kecamatan Samboja dan Muara Jawa untuk menjemput calhaj dari kecamatan tersebut.

Dijadwalkan calhaj di kloter 5 masuk asrama haji Balikpapan pada malam ini pukul 19.00 Wita, dan bertolak ke Jeddah pada Senin (27/06)  besok pukul 22.45 Wita dari Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman.

Calhaj kloter 5 Kukar nantinya akan bergabung dengan calhaj dari provinsi Sulawesi Tenggara (Sulteng). Sementara 74 calhaj asal Kukar yang tergabung di kloter 7 akan diberangkatkan dari Tenggarong pada Rabu (29/06) pukul 09.00 Wita. (mmbse)

Baca JugaJelang Keberangkatan, Calon Haji Kumpulkan Koper di Kemenag Kukar

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top