Fokus TMMD Ke 114, Buka Akses Jalan Untuk Peningkatan Produktivitas Petani

Dandim 0906/Kutai Kartanegara Letkol Inf Jeffry Satria sampaikan rencana kegiatan TMMD ke 114
(Foto: Endi)

Kodim 0906/Kutai Kartanegara (KKR) akan fokus dengan sejumlah kegiatan pada pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114.

Seperti diberitakan sebelumnya, kegiatan TMMD ke-114 akan dilaksanakan di Desa Panca Jaya, Kecamatan Muara Kaman.

Baca JugaDesa Panca Jaya di Muara Kaman Jadi Lokasi TMMD ke-114

"Kita sudah survey turun ke lapangan dengan pihak Pemda juga. Disana itu kita ingin membuka jalan usaha tani untuk membantu para petani yang ada disana dalam rangka meningkatkan produktivitasnya," ujar Dandim 0906/KKR Letkol Inf Jeffry Satria, Selasa (31/05/2022) lalu.

Jeffry menyebut jika di lokasi tersebut banyak lahan tidur yang belum terjangkau dan difungsikan karena tidak adanya akses jalan. Dengan adanya kegiatan TMMD, diharapkannya akses itu terbuka. 

"Sekaligus juga kami berupaya untuk mengubah yang selama ini pertanian sawah dengan mengenal sistem tanda hujan, kami coba datangkan pompa sehingga harapannya nanti berubah menjadi sawah irigasi," ungkap dia.

Terkait itu, ia berharap akan berdampak pada meningkatnya produktivitas para petani di wilayah tersebut.

"Nah apabila ini berhasil, nanti mungkin bisa kita buat percontohan dan sebagai masukan kepada Pemda untuk diterapkan ke daerah-daerah lain," kata Jeffry.

TMMD ke-114 direncanakan berlangsung pada bulan Juli mendatang, namun kepastian tanggal pelaksanakan akan ditentukan kemudian.

"Karena saya masih harus paparan-paparan dulu, tapi kira-kira time frame nya itu sekitar akhir bulan Juli dan pelaksanaannya selama 1 bulan," sambungnya.

Selain program fisik, nantinya juga dilaksanakan kegiatan non fisik bagi warga masyarakat di lokasi TMMD.

"Termasuk penyuluhan masalah gizi, penyuluhan wawasan kebangsaan dan sebagainya, dengan sasaran wilayah Desa Panca Jaya," tutup Jeffry. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top