Kesehatan Calon Haji Kukar Diperiksa, Tes PCR Dilaksanakan Jelang Keberangkatan

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kukar H Anwar saat ditemui awak media
(Foto: Endi)

Jamaah calon haji (Calhaj) kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menjalani tes kesehatan secara bertahap jelang keberangkatan pada musim haji 2022/1443 H.

Sebelumnya seluruh calhaj dari 18 kecamatan Se-Kukar diwajibkan telah di vaksin lengkap COVID-19 dan mendapatkan vaksin meningitis.

Pemeriksaan kesehatan berlanjut pada Sabtu (11/06), meliputi pengecekan berat badan, tinggi badan, tes GDS (Gula Darah Sewaktu), kolesterol, asam urat, hingga tekanan darah.

Kasi Penyelenggaran Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kemenag Kukar H Anwar mengatakan, tahapan berikutnya para calhaj akan menjalani tes swab PCR (Polymerase Chain Reaction) di RSUD AM Parikesit, Tenggarong Seberang.

"PCR akan kita laksanakan 1 atau 2 hari sebelum berangkat, Alhamdulillah kemarin sudah kita jadwalkan dengan Dinas Kesehatan," ujarnya.

Calhaj kloter 5 dan kloter 7 Kukar yang akan bertolak pada tanggal 26 dan 29 Juni mendatang diharapkan menjaga kesehatan mulai dari sebelum pemberangkatan hingga selama berada di tanah suci.

"Kami berpesan kepada para jamaah supaya menjaga kesehatannya," pinta Anwar yang pernah menjadi petugas haji di tahun 2019.

Dia pun mengingatkan 241 calhaj Kukar untuk selalu patuh terhadap aturan yang diterapkan lantaran musim haji tahun ini suhu panas di Arab Saudi meningkat.

"Karena saya dengar informasinya di Arab Saudi suhunya 45 derajat celcius, tolong dijaga kesehatannya," imbuhnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top