Pemotongan Hewan Kurban Idul Adha 1443 H Akan Dipantau Tim Distanak Kukar

Tim Distanak Kukar memeriksa kesehatan hewan kurban di sejumlah pedagang ternak musiman
(Foto: Endi) 

Pemerintah telah menetapkan Idul Adha 1443 H jatuh pada Minggu (10/07/2022) besok, sementara salah satu organisasi Islam terbesar di tanah air yakni Muhammadiyah 1 hari lebih dulu merayakannya seperti halnya di Arab Saudi.

Terkait itu, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kutai Kartanegara (Kukar) akan memantau pelaksanaan pemotongan hewan kurban.


Dikatakan Kepala Distanak Kukar Sutikno, pihaknya akan menerjunkan tim untuk memantau pemotongan hewan kurban guna memastikan daging yang telah disembelih sehat dan layak konsumsi.

"Kami (Distanak, Red) diminta untuk memantau terus, termasuk di mesjid Agung Sultan Sulaiman," ujarnya kepada wartawan, Selasa (05/07) lalu..

Pemantauan tak hanya di mesjid Agung Sultan Sulaiman saja, namun tim dari Distanak akan diterjunkan ke berbagai mesjid serta langgar.

"Seluruh mesjid itu ada tim-tim kami, jadi Insya Allah kami profesional," kata Sutikno lagi.

Sementara itu Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Distanak Kukar Aji Gajali Rahman menyebutkan, pemantauan dilakukan untuk mengantisipasi jika ada temuan cacing hati pada hewan kurban yang telah dipotong.

"Pernah ada satu kasus cacing hati pada hewan kurban, tapi itu di tahun 2019. Alhamdulillah dalam dua terakhir tidak ada," jelas dia. (mmbse)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top