Beseprah Jadi Rangkaian Hari Kelima Erau Adat Kesultanan Kutai

Sultan Kutai ke-21, jajaran Pemkab dan Forkopimda makan beseprah bersama warga masyarakat
(Foto: Media Kesultanan Kutai/Awal Pratama)

Makan beseprah menjadi rangkaian hari kelima pelaksanaan Erau Adat Pelas Benua Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Kamis (29/09/2022) di Tenggarong

Makan beseprah dimulai sekitar pukul 09.00 Wita, yakni di sepanjang jalan Pangeran Diponegoro, mulai dari depan kantor Kesbangpol Kukar, Museum Mulawarman, hingga Pasar Seni.

Selain Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura ke-21 Haji Adji Muhammad (HAM) Arifin beserta kerabat, makan beseprah dihadiri Sekda Sunggono, Forkopimda, serta para Kepala OPD dan jajaran.

Sementara makanan tradisional khas Kutai yang dihidangkan pada makan beseprah ini merupakan sumbangan dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin dalam sambutannya mengatakan, beseprah merupakan tradisi makan bersama yang memiliki nilai-nilai kebersamaan dan ketulusan hati sang Raja atau pemimpin pemerintah di daerah.

"Dengan cara duduk bersila diatas tikar menyantap makanan bersama secara gratis adalah merupakan wujud rasa kecintaan dan kasih sayang untuk berbagi bersama," tuturnya.

Lanjutnya, dengan tradisi ini disadari bahwa tidak ada batasan sosial antara Sultan, pejabat pemerintah, dan seluruh lapisan warga masyarakatnya.

"Dan semakin meningkatkan rasa keakraban dan kebersamaan sesama hamba Allah SWT atas syukur nikmat rizki yang dilimpahkan di muka bumi Etam Kutai Kartanegara ini," ujar Rendi.

Ia berharap, kegiatan ini dapat mendukung agenda kepariwisataan di daerah yang memiliki nilai-nilai seni dan budaya serta bernilai ekonomis, sehingga memberikan dampak positif bagi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kukar

"Sekaligus menjaga agar tradisi yang dahulu dipelopori oleh para Raja/Sultan Kutai Kartanegara dapat terus kita pelihara dan lestarikan, saat ini dan di masa yang akan datang," cetusnya.

Beseprah dimulai sesaat setelah Sultan Kutai ke-21 HAM Arifin bertitah yang ditandai dengan pemukulan kentongan. Warga dari berbagai lapisan masyarakat pun dipersilahkan untuk bersama-sama menikmati ragam makanan yang dihidangkan.(mmbse)

Baca JugaHUT Kota Tenggarong ke-240 Diperingati Dengan Ziarah Makam Aji Imbut

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top