MTQ Ke-43 Tingkat Kabupaten Kukar Berakhir, Loa Janan Raih Juara Umum

Pemukulan beduk menandai berakhirnya MTQ ke-43 tingkat kabupaten Kukar di kecamatan Loa Kulu
(Foto: Prokom Kukar)

Perhelatan lomba Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-43 tingkat kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang digelar di lapangan sepak bola kecamatan Loa Kulu resmi ditutup, Jumat (02/12/2022) malam.

Baca JugaResmi Dibuka, MTQ Ke-43 Tingkat Kabupaten Kukar Digelar Hingga 2 Desember 2022

Berdasarkan surat keputusan Dewan Hakim MTQ ke-43 Nomor 007/DH-MTQ/KK/2022 yang dibacakan oleh Ketua IV LPTQ Kukar Supriyanto, kecamatan Loa Janan berhasil menempati peringkat pertama, disusul peringkat dua dari kecamatan Muara Badak, dan peringkat ketiga ditempati kecamatan Tenggarong

Dengan demikian, pada gelaran MTQ kali ini kecamatan Loa Janan mengukuhkan diri sebagai juara umum dan berhak menerima piala tetap serta piala bergilir untuk diperebutkan kembali pada MTQ berikutnya. 

Saat menyampaikan sambutannya, Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin mengatakan, dalam setiap perlombaan pasti ada yang menang dan kalah. Namun pada perhelatan MTQ ini ia menyebut jika semua peserta adalah juara-juara di hadapan Allah SWT.

"Karena kalian semua adalah pejuang-pejuang Al Qur'an yang bukan hanya cinta membaca Al Qur'an dengan Tartil, Mahroj dan Tajwid yang benar dan indah, tapi juga berusaha memahami dari isi kandungan Al Qur'an itu sendiri yang pada gilirannya mengamalkan Al Qur'an dalam kehidupan kita sehari-hari." tuturnya.

Ia pun berharap terjadinya transfer pengetahuan dan pengalaman diantara para kafilah sehingga semakin menambah wawasan kepada kafilah di 18 kecamatan.

"Yang nantinya akan berdampak kepada kepentingan peningkatan kualitas pada kafilah dan peningkatan sumber daya manusia di kabupaten Kutai Kartanegara," ujar Rendi.

Selanjutnya, dari hasil MTQ ini dia meminta agar dilakukan pembinaan lebih lanjut kepada para juara oleh LPTQ Kabupaten Kukar.

"Sesuai dengan rencana kerja yang telah di susun dalam rangka mempersiapkan keikutsertaan para duta terbaik yang akan mewakili kabupaten Kutai Kartanegara pada MTQ ke-44 tingkat provinsi Kalimantan Timur yang akan dilaksanakan di kota Balikpapan," ucapnya.

Rendi menegaskan, kafilah kabupaten Kukar bertekad menjadi juara umum yang ke-6 kalinya secara berturut-turut, dirinya pun mengajak untuk menggaungkan tanda pagar atau hastag #2023kukar6.

Untuk diketahui, pada perhelatan MTQ ke-44 tingkat kabupaten Kukar nanti, kecamatan Tenggarong telah ditunjuk sebagai tuan rumah pada tahun 2023 mendatang. (mmbse)

Berita TerkaitKafilah Tenggarong Juara Umum MTQ Ke-42, Muara Badak Peringkat Dua


Peringkat MTQ ke-43 Tingkat Kabupaten Kukar Tahun 2022

  1. Loa Janan
  2. Muara Badak
  3. Tenggarong
  4. Tenggarong Seberang
  5. Samboja
  6. Muara Jawa
  7. Loa Kulu
  8. Anggana
  9. Sebulu
  10. Kota Bangun
  11. Muara Wis
  12. Marangkayu
  13. Muara Kaman
  14. Muara Muntai
  15. Kenohan 
  16. Kembang Janggut
  17. Tabang
  18. Sanga-Sanga

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top