Kebakaran di Loa Kulu Hanguskan 11 Rumah, Kerugian Ditaksir Mencapai Rp 1 Miliar

Kobaran api saat menghanguskan belasan unit rumah penduduk di RT 005, Desa Sepakat, Loa Kulu
(Foto: Dok. Polsek Loa Kulu)

Jago merah mengamuk di pemukiman penduduk Jalan S. Parman, RT 005, Desa Sepakat, Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara (Kukar), Rabu (29/03/2023) sore.

Peristiwa tersebut sebagaimana disampaikan Kapolres Kukar AKBP Hari Rosena melalui Kapolsek Loa Kulu IPTU Rachmat Andika Prasetyo, terjadi sekira pukul 17.45 Wita. 

Berdasarkan keterangan salah satu saksi. yakni Rabiatul Jannah, saat itu ia sedang memberi makan anaknya dan mencium bau hangus serta terdengar suara seperti kayu terbakar dari arah rumah warga bernama Sarjono.

Rabiatul pun melihat ke arah rumah tersebut dan melihat kobaran api dari bagian jendela rumah. Selanjutnya dia membawa anaknya keluar dari rumahnya sambil berteriak minta tolong kepada warga sekitar jika ada kebakaran. 

"Sedangkan saksi 2 yaitu saudara Johan yang sedang berada didalam rumahnya di seberang TKP mendengar teriakan saksi 1 kemudian keluar dari rumah langsung melihat asap dan kobaran api dari arah rumah saudara Sarjono," beber Kapolsek.

Setelah itu Johan bersama warga sekitar berusaha memadamkan api dengan alat seadanya menggunakan air PDAM. 

Berselang beberapa menit kemudian sejumlah unit pemadam milik BPBD Kukar, kendaraan water canon Polres Kukar dibantu relawan (Balakarcana) tiba di lokasi kejadian. Sekitar pukul 19.00 Wita, kobaran api akhirnya dapat dipadamkan.

"Musibah ini mengakibatkan sebanyak 11 unit rumah warga terbakar habis dan 2 unit rumah terdampak, termasuk 1 unit sepeda motor," jelasnya.

Meski tidak terdapat korban jiwa, namun peristiwa yang terjadi di hari ke-7 bulan Ramadhan ini mengakibatkan kerugian materil yang ditaksir mencapai Rp 1 miliar.

"Ada 24 Kepala Keluarga (KK) atau 80 jiwa kehilangan tempat tinggal, dan dalam satu rumah dihuni lebih dari 1 KK," rinci Kapolsek.

Ditambahkannya, penyebab terjadinya kebakaran tersebut diduga diakibatkan oleh akibat korsleting atau arus pendek listrik. (mmbse)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top