Bimbingan Manasik Haji 2023 Tingkat Kecamatan Se-Kukar Digelar di 4 Zona

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kukar H Anwar
(Foto: Endi)

Menjelang musim haji 1444 H/2023 M, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kutai Kartanegara (Kukar) menyelenggarakan bimbingan manasik haji.

Pelaksanaan bimbingan manasik haji ini berdasarkan Surat Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI Nomor: B-03047/Dj/Dt.II.I.1/Hj.01/05/2023 tanggal 03 Mei 2023.

"Penyelenggaraan bimbingan manasik haji tingkat kecamatan dibagi 4 zona yang digelar sejak tanggal 12 hingga 18 Mei 2023," terang Kepala Kemenag Kukar H. Nasrun melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) H Anwar.

Untuk zona 1 digelar pada 12-13 Mei lalu, meliputi wilayah pesisir yakni kecamatan Muara Jawa, Samboja, Sanga-Sanga dan Anggana, dengan tempat pelaksaan di mesjid besar Muara Jawa.

"Sedangkan zona 2 meliputi kecamatan Muara Badak dan Marangkayu dilaksanakan di mesjid besar Muara Badak tanggal 13-14 Mei,"ujarnya.

Sementara bimbingan manasik haji di zona 3 atau wilayah hulu terdiri dari kecamatan Muara Muntai, Kota Bangun, Muara Wis, Kenohan, Kembang Janggut dan Tabang, digelar tanggal 15-16 Mei di mesjid besar Kota Bangun.

"Terakhir zona 4 dilaksanakan tanggal 17-18 Mei di mesjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong yang akan diikuti para Jamaah Calon Haji (JCH) dari kecamatan Tenggarong, Tenggarong Seberang, Kecamatan Muara Kaman, Sebulu, Loa Kulu, serta Loa Janan," beber Anwar.

Ia menambahkan, untuk bimbingan manasik haji tingkat kabupaten dilaksanakan tanggal 20-21 Mei di mesjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong yang diikuti JCH dari 18 kecamatan Se-Kukar.

Sebagai informasi, pada musim haji tahun ini Kukar akan memberangkatkan 531 orang CJH yang didalamnya sudah termasuk 3 orang petugas pendamping. (mmbse)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top