Pawai Obor di Tenggarong Semarakkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H

Sekitar 200 pelajar di Tenggarong ikuti pawai obor peringati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H
(Foto: Istimewa)

Menyemarakkan datangnya Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriyah, Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar berbagai acara pada Selasa (19/07/2023) malam.

Dikatakan Kabag Kesra Setkab Kukar Dendy Irwan Fahriza, peringatan 1 Muharram 1445 H ditandai dengan pawai obor yang dimulai pada pukul 20.00 Wita atau selepas sholat Isya.

Rute pawai dimulai dari depan Pendopo Bupati Kukar, kemudian melewati Jalan Diponegoro, Jembatan Bongkok, S.Parman, Jembatan Besi, Monumen Selatan, Monumen Barat, dan finish di halaman Masjid Agung Sultan Sulaiman.

"Pawai ini diikuti sekitar 200 orang peserta yang terdiri dari pelajar SD, SMP, dan MAN di kota Tenggarong," jelasnya.

Selain pawai obor, di halaman Masjid Agung Sultan Sulaiman juga digelar sejumlah acara mulai dari Habsy, tari Jepen, serta pembacaan ayat suci Al Qur'an.

"Kemudian ada Nasyid, pembacaan puisi dan pidato yang bertemakan Muharram dan Millenial Hijrah, diakhiri dengan tausiyah seputar Millenial Hijrah di era Muharram," sambung Dendy.

Ia berharap kegiatan peringatan 1 Muharram 1445 H ini dapat menjadi momentum hijrah bagi generasi muda Islam.

"Hijrah dalam artian dari tidak ada menjadi ada, baik itu dari spiritual maupun dari sosial ekonomi," cetusnya.

Sementara itu Asisten I Setkab Kukar Ahmad Taufik saat membacakan sambutan tertulis Bupati Kukar Edi Damansyah, mengajak seluruh umat muslim untuk ber-muqorrabah kepada Alah SWT.

"Dengan merenung, berzikir dengan khusyuk, dan ber-muhasabah untuk meningkatkan amal ibadah di awal tahun baru hijriyah 1 Muharram 1445 H / 2023 M," tutupnya. (mmbse).

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top