1.628 Personel Gabungan Diterjunkan Untuk Amankan Pemilu 2024 di Kukar

Kapolres Kukar bersama unsur Forkopimda meninjau pasukan petugas pengamanan Pemilu 2024
(Foto: Endi)

2024 Pemilihan umum (Pemilu) 2024 sudah didepan mata, personel gabungan pun diterjunkan untuk melakukan pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah Kutai Kartanegara (Kukar).

"Personil secara gabungan kurang lebih 1.628 untuk pengamanan TPS, yang lain sisanya untuk pengamanan di objek yang akan kita bagi ke tiga Rayon," terang Kapolres Kukar AKBP Heri Rusyaman kepada wartawan usai memimpin Apel Pergeseran Pasukan Petugas Pengamanan Pemilu 2024 di Lapangan Parkir Stadion Rondong Demang, Senin (12/02) pagi tadi.

Terkait pengamanan objek yang dibagi dalam 3 Rayon yakni Rayon 1 di Kecamatan Tenggarong, Rayon 2 di Kecamatan Samboja, dan Rayon 3 di Kecamatan Kota Bangun.

"Untuk pola pengamanan di daerah khususnya Kutai Kartangera kita ada dua PAM TPS yang sangat rawan, tapi hanya dinilai dari beberapa karakteristik daerah saja, tetapi yang lainnya tidak rawan dan rawan hanya sedikit," ungkapnya.

Selaku Kapolres, dia berharap sekaligus menghimbau kepada seluruh masyarakat Kukar agar ikut berpartisipasi memberikan suaranya untuk memilih calon pemimpin negara kedepan, serta tetap menjaga keamanan dan kondusifitas.

"Sehingga pemilihan berjalan lancar. Tentu aman itu harganya mahal, tentu tidak bisa kita sendiri khususnya Polri tetapi kita harus bersinergi terutama dengan masyarakat. Kita berharap kepada masyarakat, siapapun yang menang tetap menjaga keamanan dan ketertiban," imbau Heri.

Terkait pengamanan di wilayah Hulu Mahakam maupun pesisir sepeti desa Sepatin dan Muara Pantuan, Polres Kukar tidak hanya melakukan pengamanan TPS saja namun juga pengamanan logistik Pemilu,

"Terutama di daerah yang jauh sudah kita mulai dari kemarin bergeser untuk pasukan, khususnya di wilayah Polsek yang terdekat untuk pengamanan logistik," sambungnya.

Hari ini pula pihaknya kembali akan mengecek ke seluruh Polsek di Kukar untuk memastikan logistik pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten Kota sudah sampai dengan aman.

"Nanti kita bekerjasama dengan KPU untuk pengecekan kelengkapan terakhir logistik. Mudah-mudahan cuaca mendukung, personil mendukung dan alat transportasi mendukung, sehingga pada tanggal 14 Februari tidak ada hal hal yang merugikan masyarakat dalam proses pemilihan," tandas Heri. 

Untuk diketahui, jumlah personil Polres Kukar yang dilibatkan dalam pengamanan TPS Pemilu 2024 sebanyak 487 personil, serta BKO Polda Kaltim 195 personil, dan 3 pleton reaksi cepat. (mmbse)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top