Hari Ini SPMB Gelombang Pertama Unikarta

Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) Tenggarong, pagi tadi melaksanakan ujian Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) gelombang pertama. SPMB ini bertujuan untuk mencari dan menjaring calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik. 

SPMB yang digelar pada hari ke 3 di bulan Ramadhan ini menggunakan metode ujian tertulis, Ujian dikembangkan sedemikian rupa sehingga memenuhi persyaratan reliabilitas dan validitas yang memadai. "Soal ujian tertulis seleksi penerimaan mahasiswa baru Unikarta dirancang untuk mengukur kemampuan dasar, yang dapat memperediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang sains dan teknologi, dan bidang sosial," ujar Rektor Unikarta, DR Sabran 

Rektor Unikarta, DR Sabran, Pantau ujian SPMB
Foto: Dokumentasi Unikarta
Sabran yang turun langsung mengawasi ujian SPMB, mengatakan, Ujian tertulis dilaksanakan 7 Fakultas dan 10 program studi secara serentak, dengan rincian jumlah peserta yang mengikuti ujian yakni, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis program studi manajemen, sebanyak 160 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) program Studi Ilmu Administrasi Negara, 83 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Program Studi Teknologi Pendidikan, 35 orang dan Program studi Bahasa Inggris, 45 orang.

Sedangkan dari Fakultas Pertanian (Faperta) Program Studi Angro teknologi, diikuti 34 orang dan Program Studi Agri bisnis sebanyak 26 orang. Sementara itu dari Fakultas Agama Islam (FAI) Program studi Tarbiyah, ujian diikuti 5 orang, Fakultas Hukum Program studi Ilmu Hukum Sebanyak 46 Orang, serta 6 orang peserta dari Fakultas Teknik Program studi Teknik Pertambangan.

Hasil tes gelombang pertama akan diumumkan pada tanggal 24 Juni mendatang, dengan waktu pendaftaran ulang, 25 Juni sampai 4 Juli. Untuk pendaftaran SPMB gelombang ke 2 akan dilaksanakan mulai 6 Juli hingga 5 Agustus, sedangkan tes tertulis akan digelar pada 8 Agustus dan pengumuman hasil tes pada 12 Agustus, waktu daftar ulang 13-22 Agustus 2015.  (ekn)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top