Komikus Tenggarong, Juara 1 LINE Webtoon Contest di Jakarta


Nama Annisa Nisfihani mungkin jarang terdengar ditempat asalnya, namun dikalangan pecinta komik, namanya sudah tidak asing lagi. Ya siapa sangka, gadis asal Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar) yang bekerja di Re:On Comics dan juga Freelancer Illustrator ini menjadi pemenang lomba LINE Webtoon Contest 2015.

Annisa menuturkan, awalnya ia mengikuti lomba hanya sekedar iseng, bahkan tidak yakin menang karena harus update setiap minggu, padahal dirinya juga sibuk menggarap komik-komik yang lain. Bahkan gadis berhijab ini sempat tidak percaya jika akhirnya dirinya menjadi pemenang utama dalam kontes tersebut.

"Iya senang banget, tadinya juga lupa kalau kemaren itu pengumuman, nggak cek email sama sekali sampai di kabarin langsung sama editor webtoon, di FB juga masih nggak ngeh, pas buka link kalo juara 1 itu diem dulu, baru teriak gak jelas ampe sujud syukur," ungkap Annisa kepada kutaikartanegaranews.com, Sabtu (31/10) pagi.

Karyanya yang berjudul My Prawedding merupakan komik bergenre romantis dan akan dibuat secara bersambung. Annisa pun menceritakan secara singkat alur cerita dalam komik tersebut. "Ceritanya tentang PNS yang lagi lovey dovey, padahal nggak kenal banget, ngobrol juga cuma masalah pekerjaan, tapi si mas Adimas, sekretaris kelurahan ini tiba-tiba ngelamar si adek Adelia yang kerja di kecamatan sebelah. Jadi ini sequel dari komik online di FB saya yg judulnya Pasutri Gaje, my Prawedding adalah kisah pertemuan mereka sebelum menikah," tutur Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman ini.

Kini gadis kelahiran 9 Maret itu  telah dinobatkan sebagai pemenang pertama dan berhak atas hadiah uang tunai senilai Rp 170 juta. Ucapan selamat pun mengalir deras dari rekan-rekan dan penggemar komik karyanya. 

Selain Annisa, ada 5 nama komikus yang juga berhasil menjadi pemenang di ajang Line Webtoon Contest, yakni di genre yang sama, ada Archie The Red Cat dengan karya berjudul Eggnoid dan Shinshinhye berjudul Flawless (Juara 2). Sedangkan pemenang ketiga, Apinobaka dengan judul No Homo (Genre Daily Life), Nusantara Droid War karya Vega Mandalika (Genre Fantasy), serta Amstickers dengan komik berjudul Alice (Genre Komedi)

Secara khusus Annisa berharap keberhasilannya sebagai seorang illustrator serta komikus di tingkat Nasional bisa menginspirasi anak-anak muda di kota Raja Tenggarong. Rencananya dalam waktu dekat Annisa akan terbang ke Jakarta untuk menerima penyerahan hadiah pada 5 November 2015 mendatang. 

Line Webtoon Contest sendiri merupakan kompetisi berskala Nasional, para peserta mengirimkan karya komik digital mereka dari seluruh Indonesia. Kompetisi ini pertama kali diumumkan di ajang Popcon Asia pada bulan Agustus 2015 lalu. Para komikus berbakat ditantang untuk menunjukkan kreativitas mereka dalam membuat cerita yang menarik dalam bentuk komik, dengan berbagai genre mulai dari komedi, horor, misteri hingga kisah cinta remaja. (end)


Biografi Annisa Nisfihani :

Pendidikan :
1. SMP Negeri 3 Tenggarong (Lulus tahun 2004)
1. SMU Negeri 2 Tenggarong (Lulus tahun 2007)
2. Universitas Negeri Mulawarman, Fak. Ekonomi, Jurusan IESP (2013)

Karya :
1. Geng Bokek (Elex Media)
2. Burung (Bubblepop kompilasi komik darmizan)
3. Me vs Big Slacker Baby *on going* (re:on comics)
4. Notice - Love mate (Darmizan)
5. Our Teacher Are Artists (Faint*Star Idol) RE:ON comics *on going

Event yang pernah diikuti :
1. Anicult (Surabaya, 2013)
2. Mangafest (Yogyakarta, 2014)
3. Hellofest 10 (Jakarta)
4. Re:CON (Jakarta) 
5. Mangafest (2015)
6. LINE Webtoon Contest (Jakarta, 2015)


Baca juga : 

9 comments:

  1. Gile, sombong amat katanya awalnya cuma "iseng"
    Seakan dia bilang kalau, "nih isengnya gue aja juara 1"
    "Lupa" pula kalau hari itu pengumuman pemenangnya, padahal orang lain nunggu nunggu
    Wong udah terkenal masih aja mau tenar -_-
    kasian author yg lain yang sungguh sungguh -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah emang kenapa kalau iseng?
      Justru, karena cuma iseng, ya Kak Annisa lupa masalah pengumuman dan ga terlalu berharap menang. Bersyukur banget bisa menang.
      Lagian, namanya juga manusia, maklum lah bisa lupa.

      Kak Annisa udh terkenal, terus kenapa? Pengen dapet pengalaman yg baru, makanya iseng2 ikutan. Normalnya kan gitu. Bukannya pengen nambah tenar lagi atau gimana.

      Ya, berarti komikus lain ga beruntung, dan berarti kualitasnya kurang dibandingkan milik Kak Annisa (menurut juri Webtoon). Mereka perlu lebih banyak belajar lagi, Kak Annisa pun juga begitu.

      Kenapa? situ ngiri? Yaudah, ga perlu gini juga kali.

      Sekian.

      Hapus
    2. Kan ada golongan yang bukan iseng.
      Ngga seharusnya bilang cuma iseng iseng.
      Coba bayangin, author yang emang serius, bikin komik, dikalahin sama yang iseng iseng doang, itu kasian juga. Jadinya down.
      Lagian yang itu ngga sepenuhnya pendapat juri, berdasarkan vote juga.
      Dan sebagian banyak, memvote Annisa Nisfihani. "Sebagian banyak". Jelas, fansnya dan semuanya.
      Tapi, berarti ada juga golongan sebagiannya yang berbeda.

      Bebas berkomentar kan?
      Dan bebas berkomentar itu bukan karena "iri".
      Kenapa di judge "iri"?

      Saya bukan haters. Saya cuma ingin menyampaikan pendapat.
      Ada baiknya dikerasin sama kata-kata yang menampar.

      Thanks.

      Hapus
    3. maaf kak, saya juga seorang komikus webtoon. ketika kak annisa menang, itu justru jadi motivasi buat saya.
      ya kan namanya juga pengen cari pengalaman, kayak orang kerja kantoran biasa aja.

      Hapus
    4. Iu yang sirik tong? Kalau org mau ikut berprestasi apa si yg engk? Walau dia terkenal. Lu kok repot? "Iseng" tu sombong? Tolong haters ny jgn ngatain yg engk". Kalau ga suka dengan kemenangan org. Mending diri sendiri. Koreksi, diri km ud pernah juara ga??? Kalau blm jgn. Ngatain org yg emng ud pro. Semua org butuh proses.

      Hapus
    5. Perasaan udah disebutin deh kak anisa lebih familiar dikalangan komikus berarti belum terkenal scr keseluruhan, aku aja baru tau+stalking pas webtoon contest.. kakak ini emang negative thinking aja..

      Hapus
    6. Bau baunya ni agan ikutan webtoon kontes jg tpi kgk menang kwkwwkwkwk pkek blng bkan haters tpi komennya haters detected bnget kwkkwkwkwk

      Hapus
  2. Selamat deh ^_^
    Semoga hadiahnya membawa berkah, baru tahu ada komikus hijaber yg bisa menang di ajang sekelas webtoon ^_^ , semoga yg tidak menang tidak sedih dan berputus asa.
    Jujur saya baca komiknya malah pas dipengumuman pemenang :D ya sip lah ceritanya dan kualitas gbr jg bagus

    BalasHapus
  3. Selamat deh ^_^
    Semoga hadiahnya membawa berkah, baru tahu ada komikus hijaber yg bisa menang di ajang sekelas webtoon ^_^ , semoga yg tidak menang tidak sedih dan berputus asa.
    Jujur saya baca komiknya malah pas dipengumuman pemenang :D ya sip lah ceritanya dan kualitas gbr jg bagus

    BalasHapus


Top