Bupati Kukar Himbau Instansi Pemerintah Hemat Energi

Rita Widyasari menghimbau seluruh instasi dilingkungan Pemkab Kukar agar menghemat pemakaian energi listrik
Foto: Humas Kukar/Hayru Abdi

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari mengimbau seluruh instansi dilingkungan Pemkab Kukar untuk menghemat energi. Hal tersebut menurutnya agar anggaran yang dikeluarkan untuk membayar pemakaian energi, seperti listrik, dapat ditekan atau dikurangi.

Terlebih dikatakan Rita, akhir-akhir ini Dana Bagi Hasil (DBH) Minyak dan Gas (Migas) dari Pemerintah Pusat untuk Kukar angkanya kian merosot.

"Jadi kita harus lebih berhemat dalam penggunaan energi, saat ini uang kita kan berkurang," ujarnya akhir pekan tadi.

Untuk menghemat energi listrik, Rita menyarankan agar gedung perkantoran instansi pemerintah mengurangi atau meniadakan pemakaian gorden pada jendela atau dinding kaca.
Hal tersebut dimaksudkan Rita, agar cahaya matahari bisa menerangi dalam ruangan kantor, sehingga tak perlu menggunakan lampu disiang hari.

Selain itu, menurutnya jika perkantoran merubah mindset atau pola pikir dengan menggunakan cahaya matahari untuk menerangi kantor pada siang hari, otomatis tidak perlu ada penganggaran untuk pengadaan atau penggantian gorden.

"Tak perlu ada anggaran pengadaan gorden, dan tekan rendah pembayaran listrik dengan menghemat energi, lebih baik uangnya kita pakai untuk menggaji honorer atau kegiatan bermanfaat lainnya," demikian ujarnya. (hmp02/end)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top