Anugerah Pesona Indonesia 2016: Erau Juara I Festival Budaya Terpopuler

Rita Widyasari, menerima piala dari Menteri Pariwisata, Arief Yahya dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia 2016
Foto: Istimewa

Anugerah Pesona Indonesia (API) 2016 akhirnya menempatkan festival Erau, Kutai kartanegara (Kukar), sebagai juara I untuk kategori Festival Budaya Terpopuler (Most Popular Cultural Festival) di tanah air.

Sedangkan juara II diraih Jember Fashion Carnival, dari Kabupaten Jember, Jawa Timur, dan Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara, dengan festival Teluk Jailolo sebagai pemenang ketiga.

Bupati Kukar, Rita Widyasari, yang hadir pada malam penganugerahan pemenang API 2016 di gedung Sapta Pesona, Kementrian Pariwisata, Jakarta, Jum'at (16/09) kemarin, secara singkat menyampaikan rasa syukurnya.

"Alhamdulillah Festival Erau menjadi festival terpopuler Indonesia juara 1," ucap Rita sembari memposting foto penyerahan piala dari Menteri Pariwisata, Arief Yahya, melalui akun pribadinya di sosial media.

Terpilihnya Erau sebagai nominator di ajang tersebut diakui Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kukar, Sri Wahyuni, akan berdampak terhadap promosi daya tarik pariwisata di Kukar. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh voters yang telah memilih Erau.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada siapa saja yang telah memilih Erau melalui voting di ajang ini, serta tentunya terima kasih kepada seluruh pendukung Erau," ujarnya.

Selain kategori Festival Budaya Terpopuler, ada 9 kategori lain dalam penyelenggaran API 2016, yakni, Kategori Surga Tersembunyi Terpopuler (Most Popular Hidden Paradise), Kategori Tujuan Wisata Terpopuler Kebersihannya (Most Popular Cleanliness), dan kategori Situs Sejarah Terpopuler (Most Popular Historical Site).

Selanjutnya Kategori Hidangan Tradisonal Terpopuler (Most Popular Traditional Dishes), Kategori Tempat Menyelam Terpopuler (Most Popular Diving Spot), Kategori Tempat Berselancar Terpopuler (Most Popular Surfing Spot), serta kategori Atraksi Budaya Terpopuler (Most Popular Cultural Attraction).

Terakhir kategori Dataran Tinggi Terpopuler (Most Popular Highland) dan Kategori Tujuan Wisata Baru Terpopuler (Most Popular New Destination). Masing-masing kategori menempatan tiga pemenang.

Untuk pemilihan pemenang Anugerah Pesona Indonesia dilakukan dengan cara mengumpulkan suara dalam survei yang dilaksanakan sejak 23 Mei-26 Agustus 2016 melalui situs ayojalanjalan.com.

Dari data hasil pemungutan suara yang dilansir melalui situs penyelenggara, terdapat 53.097 suara yang telah direkapitulasi dari pemilih seluruh kategori.

Anugerah Pesona Indonesia sendiri merupakan ajang lomba pariwisata Indonesia yang berbentuk pemilihan obyek wisata di nusantara, dengan memberikan penghargaan kepada daerah yang memiliki daya tarik dan diminati. (end)

Mengulur Naga merupakan salah satu puncak acara festival adat Erau yang selalu dinantikan ribuan masyarakat
Foto: Endi

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top