DPU Kukar Salurkan Bantuan Kepada 720 Penerima Donasi

Kepala LAZ DPU Cabang Kukar, Adi Wijaya (baju putih) saat menyerahkan paket bantuan beberapa waktu lalu
Foto: Dok. LAZ DPU Kukar

Selama bulan September 2016, Lembaga Amil Zakat (LAZ) Dana Peduli Ummat (DPU) cabang Kutai Kartanegara (Kukar), telah menyalurkan bantuan zakat dan sedekah kepada 720 orang penerima manfaat donasi.

Program bantuan yang dilaksanakan pada bulan September ini meliputi pembagian sembako, penyerahan bantuan sepatu untuk anak-anak dhuafa, bantuan usaha mandiri, wakaf kitab suci Al-Qur’an, serta penyembelihan hewan qurban yang disalurkan ke beberapa kecamatan.

"Kami berharap bantuan yang tersalur bulan September ini akan semakin bertambah banyak pada bulan berikutnya, sehingga semakin banyak penerima manfaat atau kaum dhuafa yang kami bantu," ujar Kepala Cabang DPU Kukar, Adi Wijaya.

Dikatakannya, bantuan tersebut ada yang bersifat produktif dan konsumtif, rutin dan non rutin. Bantuan ini selalu di publikasikan sebagai bentuk laporan pertanggung jawaban kepada masyarakat, donatur serta mitra DPU.

"Terima kasih kepada mitra DPU baik donatur rutin dan insidental, seperti Satuan GOW Kukar, Sat Shabara Polres Kukar, PDAM Kukar, Kantor Pos Tenggarong, Mitra program Celengan Berkah (CERAH)," ucapnya.

Saat ini, lanjut Adi, LAZ DPU Cabang Kukar lebih konsen untuk memberikan program pembinaan terhadap masyarakat yang produktif di bidang ekonomi, melalui program yang disebut Pusat Kemandirian Masyarakat (PKM).

"Kami memberikan bantuan dengan membentuk kelompok di masyarakat, kemudian pada kelompok tersebut diberikan bantuan dana yang dapat digunakan oleh anggota kelompok secara bergantian," terangnya.

Dengan metode ini, sambungnya, akan meningkatkan rasa tanggungjawab dari penerima pinjaman, agar dapat lebih bijak dalam menggunakan dana. 

"Karena salah satu kendala dalam program PKM ini adalah pola pikir masyarakat yang masih menganggap jika bantuan yang diberikan secara cuma-cuma dan tidak harus dikembalikan," imbuhnya.

Ditambahkan Adi, Bagi masyarakat Kukar yang ingin berdonasi zakat dan sedekah bisa mengunjungi kantor LAZ DPU Cabang Kukar, Jalan KH Akhmad Mukhsin, Gang Kubur, Kelurahan Melayu, Tenggarong, atau dengan menghubungi SMS Center di nomor 085337722687. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top