Bupati Rita Widyasari Serahkan Panji-Panji Keberhasilan Pembangunan

Rita Widyasari menyerahkan panji keberhasilan pembangunan kepada Kepala Badan Pendapatan Daerah
Foto: Haidir

Apresiasi diberikan oleh Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari kepada OPD (Organisasi Perangkat Daerah) penerima panji-panji keberhasilan pembangunan. Panji-panji tersebut diserahkan dalam upacara dihalaman Kantor Bupati Kukar, Senin (06/01) pagi.

Dikatakan Rita, Panji–panji yang diperoleh pemkab Kukar pada HUT Pemerintah Provinsi Kaltim ke-60 tahun 2017 adalah sebagai kekuatan motivasi dan ukuran tolak ukur kinerja yang harus dipertahankan serta ditingkatkan dalam semangat pengabdian, dedikasi dan loyalitas untuk bekerja dan berkarya lebih baik lagi. 

"Saya meminta kepada seluruh pejabat esselon II agar dapat merumuskan langkah-langkah kerja secara konkrit pada pencapaian target kinerja 2017 dalam bentuk kontrak kinerja khusus untuk dapat meningkatkan penilaian kinerja dalam mengevaluasi langkah-langkah strategis dalam bingkai keterukuran dan keterpaduan menuju keberhasilan pencapaian Gerbang Raja II," ucapnya.

Kontrak kinerja khusus tersebut, lanjutnya, dapat segera dijabarkan kepada seluruh jajaran dibawahnya hingga ke level staf agar setiap individu memiliki tugas dan tanggung jawab yang jelas dan terukur. "Tugas dan tanggung jawab yang jelas serta terukur diharapkan dapat menjadi budaya yang harus diikuti," tegas Rita. 

Adanya kecenderungan penurunan disiplin dan kinerja aparatur pemkab Kukar akibat defisit keuangan daerah, kata Rita, seharusnya tidak terjadi, dirinya justru berharap keadaan tersebut bisa menjadi pelecut semangat untuk terus berkarya, berkreasi dan berinovasi. "Saya tidak ingin karena kurangnya anggaran ASN menjadi malas, tetapi harus sebaliknya menjadi pelecut semangat untuk terus berkarya, berkreasi dan berinovasi," cetusnya. 

Sebagai Kepala Daerah, Rita juga menyoroti kebiasaan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang hanya mengisi daftar kehadiran, namun tidak melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik. "Bangunlah rasa kebersamaan dan tanggung jawab dengan lebih bijak, dengan tidak merugikan kepentingan yang lebih luas. Hilangkan kebiasaan buruk dengan hanya mengisi absen hadir, tanpa melakukan kegiatan apa-apa," harapnya.

Rita Widyasari menyerahkan piagam penghargaan LAKIP dari Kemenpan-RB kepada Sekda H Marli
Foto: Haidir

Selain panji-panji keberhasilan pembangunan, Rita juga menyerahkan piagam penghargaan LAKIP (Laporan Akuntabilitas Kinerja InstansiPemerintah) dengan tingkat pencapaian akuntabilitas kinerja dengan nilai B dari Kemenpan-RB kepada Sekretaris Daerah (Sekda) H Marli.

Tak hanya itu, Bupati Peraih berbagai penghargaan ini juga menyerahkan piala Wahana Tata Nugraha (WTN) untuk kategori Lalu Lintas Kota Kecil kepada Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kukar, Ismi Nurul Huda. (mes03/end)



Daftar Panji Keberhasilan Pembangunan Pemkab Kukar Tahun 2017


Predikat Terbaik I 
  1. Bidang Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD)
  2. Bidang Pembangunan Ketahanan Pangan
  3. Bidang Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN)
  4. Bidang Kepemudaan
  5. Bidang keolahragaan
  6. Bidang Pembinaan Penyelenggaraan Pemerintah Kelurahan 
  7. Bidang Gerakan Pramuka
  8. Bidang kebudayaan kategori kabupaten
  9. Bidang stabilitas Keamanan Kabupaten / Kota. 
Predikat Terbaik II
  1. Bidang keberhasilan E-Goverment
  2. Bidang perkebunan, Bidang kelautan dan perikanan 
  3. Bidang pelayanan terpadu satu pintu
  4. Bidang daya saing daerah
  5. Bidang ketenagakerjaan
  6. Bidang pariwisata Kategori Kabupaten. 
Predikat Terbaik III 
  1. Bidang pencegahan dan pemberantasan Korupsi
  2. Bidang keberhasilan keterbukaan informasi publik
  3. Bidang koperasi
  4. Bidang kesehatan
  5. Bidang kesejahteraan sosial
  6. Bidang pengelolan keuangan daerah
  7. Bidang tata kelola kearsipan
  8. Bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top