Gelar Operasi Simpatik, Polsek Sanga-Sanga Bagikan Helm Gratis

Pengendara motor mendapat helm gratis dalam Operasi Simpatik Mahakam 2017 yang digelar Polsek Sanga-Sanga
Foto: Istimewa

Operasi Simpatik Mahakam 2017 dilaksanakan dibeberapa titik yang ada di wilayah hukum Polres Kutai Kartanegara (Kukar). Seperti pada Selasa (07/03) pagi, kegiatan operasi digelar oleh jajaran Polsek Sanga-Sanga di kawasan Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Sanga-Sanga.

Pada hari ke-7 pelaksanaan Operasi Simpatik Mahakam 2017 tersebut, petugas membagikan helm secara gratis kepada para pengendara dengan harapan agar para pengguna kendaraan roda dua di wilayah ini tidak lagi melanggar tata tertib dan taat aturan.

"Mereka yang melanggar aturan kami tilang, tapi kami membagikan helm gratis kepada mereka," ujar Kapolsek Sanga-Sanga IPTU Rinang Pustoko saat memimpin Operasi Simpatik Mahakam yang berlangsung pada pukul 09.00 Wita kemarin.

Dikatakan Kapolsek, aksi simpatik pemberian helm kepada pelanggar aturan lalu lintas merupakan bentuk pendekatan yang dilakukan polisi kepada masyarakat. "Harapannya pelanggar aturan tergugah dan menyadari kesalahan yang dilakukannya, sehingga tidak mengulanginya lagi," ucap Rinang Pustoko.

Ditambahkannya, operasi ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menciptakan wilayah yang tertib dalam berlalu lintas. "Pastikan keselamatan harus diutamakan bila mengendari roda dua dan wajib menggunakan helm, bila roda empat gunakan safety belt serta pastikan surat kendaraan seperti STNK dan SIM selalu dibawa," tandas Kapolsek.

Terpisah, Kapolres Kukar AKBP Fadillah Zulkarnaen, mengatakan, pelaksanaan operasi simpatik yang berlangsung serentak di seluruh Indonesia hingga 21 Maret mendatang lebih mengedepankan upaya dan tindakan preventif.

"Memang harapan kita operasi simpatik ini bisa menurunkan kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran-pelanggaran yang tujuannya adalah untuk keselamatan masyarakat juga," tegasnya.

Sementara untuk titik operasi, kegiatan lebih difokuskan ke daerah-daerah yang dianggap rawan kecelakaan. "Kita selama ini sudah melakukan himbauan melalui kampanye keselamatan berlalu lintas termasuk mendatangi sekolah-sekolah untuk mengingatkan pentingnya mematuhi aturan berlalu lintas," demikian ucap Kapolres. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top