Bupati Rita Widyasari Tinjau Ujian Sekolah SD/MI

Bupati Kukar Rita Widyasari saat meninjau pelaksanaan ujian sekolah di SD Negeri 002 Tenggarong
Foto: Istimewa

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari, melakukan monitoring pelaksanaan Ujian Sekolah (US) tahun 2017 yang telah memasuki hari kedua di sejumlah SD Negeri dan Madrasah Ibtidaiyah di Tenggarong, Selasa (16/05).

Didampingi Sekda Kukar H Marli, Rita meninjau SDN 002 yang dahulu pernah menjadi tempatnya menimba ilmu, kemudian dilanjutkan ke SDN 005, SD IT (Islam Terpadu) Nurul Ilmi, SDN 018 dan SDN 028.

"Alhamdulillah saya melihat anak-anak santai dan tidak tegak tegang, saya tanya soalnya susah apa enggak, ada yang bilang lumayan ada juga yang gampang. Ini artinya ujian nasional bisa diterima dengan baik," tuturnya.

Rita pun menyampaikan harapannya agar para guru Se-Kukar bisa menggali potensi kecerdasan para siswa sekolah dasar sehingga kedepannya bakat yang dimiliki bisa diarahkan.

"Saya berharap para guru dan kepala sekolah bisa melihat potensi para siswa, dalam satu kelas itu pasti ada yang mempunyai bakat seperti seni dan matematika, Kalau melihat itu arahkan, sehingga potensinya bisa bangkit," terangnya.

Terkait siswa yang mengikuti US di beberapa kecamatan yang terendam banjir, Rita memastikan jika ujian masih tetap berjalan sebagaimana laporan yang diterimanya dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar.

"Banjirnya ada yang semata kaki dan yang paling tinggi di Kenohan, tapi itu tidak mengganggu. Karena informasinya air baru naik diatas jam 10, sedangkan ujian dilaksanakan pagi hari," kata Rita.

Sementara Ketua Panitia UN Kukar, Tulus Sutopo, mengatakan, tahun ini ujian sekolah SD/MI Negeri diikuti sebanyak 12.869 siswa, dan SD/MI swasta 1.204 siswa. "Total ada 14.073 siswa sekolah dasar yang mengikuti US," bebernya.

Sementara untuk SDLB (Sekolah Dasar Luar Biasa) diikuti 22 siswa dan program paket A sebanyak 22 siswa. 

Tulus menambahkan, US tingkat sekolah dasar yang sebelumnya disebut UN berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 15 - 17 Mei 2017 dengan tiga mata pelajaran yang diujikan.

"Mata pelajaran yang diujikan yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Nanti pada tanggal 22 sampai 24 Mei akan dilaksanakan ujian susulan," ucapnya. (adv/kominfo/k2n)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top