Kerjasama Literasi, Rumah Budaya Kutai Gandeng Forum Lingkar Pena

Peserta kelas menulis cahaya dari berbagai sekolah yang ada di kota Tenggarong
Foto: Istimewa

Rumah Budaya Kutai (RBK) menggandeng Forum Lingkar Pena (FLP) Kutai Kartanegara (Kukar) dalam kerjasama literasi. Kerjasama tersebut berupa kelas menulis yang diperuntukkan kepada siswa sekolah menengah. 

Program yang diberi nama Kelas Menulis Cahaya (Cipta dan Hasilkan Karya) ini diresmikan oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar, Hifsi G Fahrannas, di Sekretariat RBK, Sabtu (09/12) kemarin.

Peresmian Kelas Menulis Cahaya juga dihadiri oleh Ketua Gerakan Literasi Kutai Erwan Riyadi dan Pengurus IGI Kukar Suparno.

Hifsi G Fahrannas dalam sambutannya mengungkapkan, Disdikbud Kukar mengapresiasi kegiatan ini secara penuh. 

“Komunitas-komunitas seperti inilah yang menggerakkan kegiatan literasi di Kutai Kartanegara yang mana selaras dengan program literasi yang ada di Disdikbud dan selayaknya patut kita dukung,” ujarnya.

Sementara itu Ketua FLP Kutai Kartanegara Novian Andri mengatakan, kegiatan kelas menulis ini adalah program yang akan mengangkat kebudayaan lokal melalui literasi. 

“Kelas Menulis Cahaya yang sudah diresmikan memiliki tujuan untuk mengangkat kebudayaan lokal melalui literasi. Peserta antusias karena mereka memiliki wadah untuk berekspresi melalui literasi dan nantinya hasil karya mereka akan dibukukan” katanya.

Kelas Menulis Cahaya memiliki target dalam tiga bulan akan menerbitkan buku perdana. Buku-buku tersebut nantinya akan disebarkan ke sekolah-sekolah yang ada di wilayah ini sebagai wujud nyata adanya gerakan literasi Kukar yang produktif.

Peserta Kelas Menulis Cahaya sendiri berasal dari SMA IT Nurul Ilmi, SMA YPK Tenggarong, SMKN 1 Tenggarong, SMK Farmasi dan SMP IT Nurul ‘Ilmi. 

Untuk jumlah peserta saat ini sebanyak 50 orang yang nantinya akan dibagi kedalam kelas-kelas menulis seperti kelas artikel, kelas cerita pendek dan kelas puisi. (*)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top