Kutai Kartanegara Targetkan Imunisasi MR Tercapai 100 Persen

Plt Bupati Kukar Edi Damansyah saat kampanye imunisasi MR di SDN 010 Kelurahan Maluhu
Foto: Reza

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah, menargetkan 205.578 anak di kabupaten ini diberikan imunisasi Measles dan Rubela (MR).

Hal itu disampaikannnya saat menghadiri kampanye imunisasi MR di SD Negeri 010, Kelurahan Maluhu, Kecamatan Tenggarong, Rabu (01/08) pekan lalu.

"Mudah-mudahan target itu bisa tercapai 100 persen, dan saya pastikan tercapai. Karena pelaksanaannya di sekolah baik satuan pendidikan dasar, menengah, maupun taman kanak-kanak," ujar Edi.

Dikatakannya, target imunisasi MR di wilayah Kukar yang memiliki 193 desa dan 44 kelurahan harus terlaksana dalam dua bulan.

"Pelaksananya struktur sosial kemasyarakatan melalui Kepala Desa, Lurah, RT, Pos Yandu untuk melaksanakan gerakan ini. Karena pekan ini ada dua bulan yakni Agustus dan September," beber Edi.

Edi Damansyah pun memberikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam kegiatan kampanye imunisasi MR di Kukar.

"Saya menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Plt Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pendidikan, para Camat, Lurah, Kades, RT, tokoh masyarakat dan tokoh agama serta jajaran Kementerian Agama yang sudah terlibat secara langsung," cetusnya.

Sementara itu Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kukar dr Eryariyatin, menjelaskan, pelaksanaan imunisasi MR di Kukar secara teknis dilaksanakan oleh Puskesamas, Pos Yandu dan pos pelayanan lainnya di 18 kecamatan.

"Imunisasi pra sekolah di bulan Septembur yaitu umur 6 bulan-7 tahun.Sedangkan umur 7-15 tahun dilaksanakan bulan Agustus. Planningnya kita sudah jadwalkan teman-teman perawat, bidan, dokter untuk melaksanakan imunisasi itu," ucapnya.

Dikatakan Eryariyatin, imunisasi MR sangat penting, karenanya pelaksanaan imunisasi ini dilaksanakan di seluruh kecamatan melalui puskesmas dan akan dilaporkan secara online ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Imunisasi Measles penting untuk pencegahan penyakit campak. Sedangkan Rubela sebenarnya menyerang pada anak-anak, makanya kenapa dilaksanakan pada umur 9 bulan sampai 15 tahun, karena pada umur itulah yang biasanya rentan terserang penyakit ini," ungkapnya.

Ditambahkannya, imunisasi MR tahap kedua ini dilaksanakan serentak di seluruh tanah air termasuk Kukar, mengingat penyakit ini bisa mengakibatkan resiko tinggi bagi anak-anak.

"Karena bisa sampai menyebabkan kecacatan sampai kematian, jadi ini imunisasi fase kedua dimana fase pertama sudah dilaksanakan di pulau Jawa," demikian jelasnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top