Perpustakaan MAN 2 Kukar Dilengkapi Fasilitas BI Corner

Perpustakaan MAN 2 Kukar kini mendapat bantuan fasilitas BI Corner dari Bank Indonesia
Foto: Istimewa

Kepala MAN 2 Kutai Kartanegara (Kukar), Samuri, menyambut baik bantuan dari Bank Indonesia (BI) berupa penempatan BI Corner di perpusatakaan sekolahnya. Hal itu sejalan dengan visi misi MAN 2 Kukar untuk menggalakkan literasi, agar masyarakat madrasah semakin gemar membaca. 

"Di perpustakaan ini kan sudah bisa online, kalau ditambahi BI peralatan seperti itu (BI Corner) kan semakin menarik dan sehingga siswa akan sering berkunjung ke perpustakaan," ujarnya didampingi Kepala Perpustakaan MAN 2 Kukar, Rini Kalsum, Sabtu (10/11).

Menurut Kepala Kantor Perwakilan Wilayah BI Provinsi Kalimantan Timur, Zulmina Wulandari, adanya fasilitas BI Corner di perpustakaan MAN 2 Kukar merupakan program sosial untuk semakin mengenalkan tugas-tugas dan fungsi BI kepada masyarakat luas.

"Tujuannya adalah untuk mengenalkan bank sentral kepada masyarakat, karena masyarakat masih sering menanyakan tugas Bank Indonesia itu apa," bebernya.

Dengan slogan 'Indonesia Cerdas' BI Corner yang dipasang di perpustakaan tersebut berisi buku-buku dan literatur bertema moneter, finansial, perbankan, enterpreuneur dan kisah inspiratif yang berjumlah 753 ekslemplar. 

Selain itu, juga terdapat fasilitas tambahan seperti sofa, rak buku, komputer dan televisi edukasi. "Kita lihat ada internetnya di sini, teman-teman bisa cek di situ. Terus kebijakan BI juga bisa dilihat di situ," Zulmina.

Ditambahkannya, BI Corner adalah sebagai bentuk kepedulian Bank Indonesia terhadap dunia pendidikan sekaligus memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait ekonomi dan peranan BI. Melalui BI Corner diharapkan akan meningkatkan budaya baca dan menulis khususnya di kalangan generasi muda.

"Dengan mendekatkan BI Corner ini kita harapkan pemahaman masyarakat khususnya siswa tentang Bank Sentral semakin baik. Sesuai target, BI akan membuat 1.000 unit BI Corner di seluruh wilayah Indonesia hingga 2020 mendatang," kata Zulmina. (rz/k2n)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top