Unik, Peserta Lomba Begasing di Muara Muntai Kenakan Sarung

Pemenang lomba permainan tradisonal begasing mengenakan sarung dan memegang tropi dari kayu ulin
Foto: Istimewa

Memperingati hari Pahlawan 10 November 2018, Bubuhan Gasing Kampong Telihan (BGKT) Muara Muntai, Kutai Kartanegara (Kukar), menggelar lomba permainan tradisional begasing, Sabtu (10/11). 

Lomba hasil kerja sama dengan Komunitas Begasing Kukar (KBK) ini berlangsung hingga Minggu (11/11) besok, di Kampung Kajang RT 10, Desa Muara Muntai Ulu, Kecamatan Muara Muntai. 

Ketua Panitia Penyelenggara, Wahyudi, menyebutkan, permainan mempertandingkan 3 kriteria lomba yaitu Beturai, Berajaan dan Beregu. “Untuk hari pertama lomba diikuti oleh 60 peserta dewasa dan hari kedua 29 peserta anak-anak,” terangnya kepada media ini. 

Lomba tak hanya diikuti peserta dari 5 desa di kecamatan Muara Muntai, namun juga dari kota Tenggarong. “Selain uang pembinaan, pemenang lomba mendapatkan tropi terbuat dari kayu ulin berbentuk gasing,” kata Wahyudi. 

Pembina BGKT Sopan Sopian, mengatakan, lomba permainan tradisional ini cukup unik, pasalnya peserta dewasa diwajibkan mengenakan sarung saat memainkan gasing. “Supaya lebih legendaris dan acaranya lebih meriah, para peserta mengenakan sarung sebagaimana orang bahari (tempo dulu, Red),” ujar mantan Kades Muara Muntai Ulu yang dikenal aktif bersosial media ini. 

Tak hanya itu, lomba turut dimeriahkan oleh pemain gasing dari kaum hawa. “Mereka memang tidak mengikuti lomba, hanya meramaikan saja. Tetapi akan datang rencananya kami akan mencoba lomba begasing untuk perempuan,” imbuhnya. 

Sopian mengungkapkan, lomba begasing rencananya akan digelar dengan skala lebih besar lagi di kecamatan Muara Muntai. Ia berharap permainan tradisional ini mendapat dukungan berbagai pihak sehingga bisa terus dilestarikan terutama dikalangan generasi muda.

“Jangan terlalu terbuai dengan permainan atau game online, akan lebih kreatif jika kita memanfaatkan permainan tradisional, khususnya begasing. Cintailah permainan tradisional kita sendiri,” ucapnya. (end) 

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top