Puluhan Ribu Umat Muslim Kukar Hadiri Tabligh Akbar Ustadz Abdul Somad

Dengan gaya khasnya, ustadz Abdul Somad menyampaikan dakwahnya di stadion Rondong Demang
Foto: Endi

Puluhan ribu umat muslim dari berbagai penjuru Kutai Kartanegara (Kukar) menghadiri Tabligh Akbar Beriman dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang diisi ustadz kondang Abdul Somad, Sabtu (08/12/2018) malam.

Ustadz yang sudah dinanti-nantikan kehadirannya ini menyampaikan dakwahnya di stadion Rondong Demang Tenggarong pada pukul 21.00 Wita. "Setelah berumur 42 tahun barulah sampai kemari. Langkah rezeki, pertemuan, maut, dalam genggaman kuasa Allah SWT. Allah yang mempertemukan kita," ucapnya.

Tak hanya itu, Abdul Somad pun merasakan keramahan warga Kota Raja Tenggarong yang begitu luar biasa menyambutnya. "Saya ceramah di Tenggarong santai, biasanya berapi-api. Ini artinya saya dianggap keluarga oleh orang Tenggarong, rupanya kita satu rumpun," ujarnya disambut gemuruh suara jamaah.

Seperti dakwahnya di berbagai tempat di tanah air, beberapa jamaah juga menyampaikan pertanyaan melalui selembar kertas, diantaranya ada yang bertanya mengenai cara mengatasi labil pada remaja, hukum wanita haid membaca Al Qur'an, cara cepat menghapal Al Qur'an dan Hadist, serta hukum memakan riba.

Ustadz yang dikenal karena ilmu dan kelugasannya dalam menjawab pertanyaan ini pun mengaku tak pernah memilih siapa yang mengundangnya berdakwah. "Saya tak pernah melihat jadwal ceramah. Mau Gubernur, Bupati, pejabat, atau di mushola, kalau kosong saya isi," katanya.


Ustadz Abdul somad yang mengenakan pakaian dibalut sarung khas melayu turut mengingatkan umat muslim agar tidak mudah terprovokasi dengan berita yang belum jelas kebenarannya, terutama menjelang tahun politik 2019. "Jangan menyebarkan Hoax, ujaran kebencian, berita bohong, money politik. Jaga Pileg tetap damai," pintanya.

Dalam kesempatan itu, penanggung jawab Tabligh Akbar Beriman, Awang Firman Dharmawan, menyampaikan rasa syukurnya bisa menghadirkan ustadz Abdul Somad. "Semoga kedatangan ustadz bisa membawa keberkahan bagi Kutai Kartanegara. Selama ini kami hanya bisa mendengar dan melihat tausiyah-tausiyah ustadz lewat media televisi, youtube dan media sosial lainnya," tuturnya.

Pemuda yang akrab disapa Iman ini pun mengajak para jamaah mendoakan ustadz Abdul Somad agar selalu diberikan kekuatan dalam berdakwah. "Semoga ustadz selalu dalam lindungan Allah SWT, diberikan kesehatan yang baik dan selalu istiqomah dalam menjalankan syiar Islam di bumi Indonesia," harapnya.

Secara singkat, Plt Bupati Kukar Edi Damansyah berharap, kehadiran ustadz Abdul Somad mampu menambah khasanah ilmu agama serta meningkatkan kualitas keimanan. "Yang paling utama adalah untuk meningkatkan semangat kita beribadah kepada Allah SWT," cetusnya.

Tabligh akbar ini turut dihadiri mantan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, Ketua Badan Pengelola Islamic Center Samarinda H Awang Dharma Bakti,  serta para tokoh ulama. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top