Kuota Haji Kukar Dapat Tambahan, Berangkat Dalam Tiga Kloter

601 calon jamaah haji Kukar mengikuti bimbingan manasik haji massal di masjid Agung Tenggarong
(Foto: Endi)

Sebanyak 601 calon jamaah haji asal Kutai Kartanegara (Kukar), akan diberangkatkan pada musim haji 1440 H/ 2019 M.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Kukar Saifullah, mengatakan, jumlah tersebut ditambah 3 orang Tim Petugas Haji Daerah (TPHD), sehingga total yang diberangkatkan sebanyak 604 orang.

"Ini adalah hasil dari pembagian prosentasi dari 10 ribu kuota tambahan secara nasional," terangnya kepada media ini disela-sela bimbingan manasik haji massal di mesjid Agung Tenggarong, Senin (08/07/2019).

Ia menyebutkan, Kukar turut mendapatkan tambahan kuota haji sebanyak kurang lebih 64 orang. Dibanding tahun sebelumnya kuota jamaah haji Kukar hanya 535 orang.

"Dan ini diprioritaskan kepada calon jamaah haji lanjut usia (lansia) sebanyak kurang lebih 64 persen," ucapnya.

Dikatakan Saifullah, calon jamaah haji yang akan berangkat ke tanah suci tahun ini telah menunggu dengan penuh kesabaran hampir selama 8 tahun.

"Sedangkan masa tunggu porsi keberangkatan calon jamaah haji Kutai Kartanegara sampai akhir Juni 2019 kurang lebih selama 23 tahun dengan jumlah mencapai 23 ribu orang," bebernya.

Terkait pemberangkatan, calon jamaah haji Kukar dibagi dalam tiga gelombang, yakni kelompok terbang (kloter) 3, kloter 4 dan kloter 6. 

"Yang pertama kloter 3 Kukar itu dimulai pemberangkatan pada tanggal 20 Juli. Jumlahnya 450 ditambah 5 petugas haji. Jarak keberangkatan antar kloter Insya Allah hanya 1 hari," tandas Saifullah. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top