20 Peserta PPSA XXII Lemhanas RI Studi Strategis Ke Kukar

Peserta PPSA XXII 2019 Lemhanas RI bersama tenaga pengajar, Bupati dan Forkopimda Kukar
(Foto: Dian Christiani)

Sebanyak 20 orang peserta Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) XXII tahun 2019 Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI, melakukan studi strategis dalam negeri ke Kutai Kartanegara (Kukar).

Kedatangan rombongan disambut langsung oleh Bupati Kukar Edi Damansyah didampingi Sekda Sunggono, para Kepala OPD serta Forkopimda, di Pendopo Bupati Kukar Odah Etam, Selasa (27/08). 

Pimpinan rombongan yang juga tenaga pengajar Lemhanas Bidang Sosial Budaya, Prof Dr Njaju Jenny saat membacakan sambutan Gubernur Lemhanas Letnan Jenderal TNI (Purn) Agus Widjojo, menyampaikan, peserta PPSA terbagi 4 rombongan, satu diantaranya melakukan studi ke Kukar. 

"Studi strategis dalam negeri merupakan salah program kegiatan yang dirancang untuk memberikan kesempatan kepada para peserta untuk mempelajari, memahami, dan juga mengkaji potensi daerah dan berbagai permasalahan yang dihadapi daerah ditinjau dari aspek kesejahteraan dan keamanan," ujarnya.

Diharapkan, melalui  studi strategis dalam negeri ini, para peserta akan memperoleh gambaran kondisi wilayah yang berkaitan dengan aspek ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan dari sudut pandang ketahanan nasional.

"Dengan berbagai pertimbangan strategis dan potensi yang dimiliki oleh provinsi Kalimantan Timur, maka provinsi ini dipilih dengan harapan bisa mengetahui pembangunan nasional dan ketahanan nasional serta permasalahan-permasalahan yang dihadapi," beber Njaju Jenny.

Dengan demikian, sambungnya, para peserta dapat memberikan kontribusi pemikiran dalam meningkatkan pembangunan nasional dan ketahanan di provinsi Kaltim.

"Para peserta didampingi pejabat dan tenaga pengajar Lemhanas yang akan melaksanakan kegiatan dimulai tanggal 26 - 30 Agustus 2019," ujarnya.

Untuk mendapatkan hasil yang komprehensif, para peserta juga akan melakukan kunjungan ke berbagai instansi dan obyek startegis daerah yang merupakan potensi dan aset nasional bagi proses pembangunan daerah maupun nasional.

"Untuk kebutuhan tersebut kami sangat mengharapkan dukungan dan bantuan aparatur pemerintahan di daerah maupun berbagai pihak terkait," kata Njaju Jenny.

Bupati Kukar Edi Damansyah menyampaikan apresiasi kepada Lemhanas yang telah memilih Kukar sebagai tempat studi strategis. Ini menurutnya akan menjadi dorongan sekaligus motivasi untuk bekerja lebih baik lagi dan berharap hasil studi tersebut juga bisa dibagikan sebagai acuan bagi Pemkab.

"Sehingga menjadi referensi kami untuk melakukan hal-hal tambahan, perbaikan terhadap pelaksanaan pembangunan, penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan terhadap masyarakat di Kutai Kartanegara," ucapnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top