Operasi Patuh Mahakam 2019, Kapolres Kukar Imbau Junjung Etika Berlalu Lintas

Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar menyematkan pita tanda Operasi Patuh Mahakam 2019
(Foto: Endi)

Selama 14 hari kedepan, Polri menggelar Operasi Patuh 2019 yang berlangsung serentak di seluruh Indonesia termasuk di wilayah hukum Polres Kukar, terhitung sejak 29 Agustus hingga 11 September mendatang.

Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar usai apel gelar pasukan di halaman Mako Polres Kukar, Kamis (29/08) pagi, mengatakan, kegiatan dengan sandi Operasi Patuh Mahakam 2019 menyasar sejumlah pelanggaran.

Pertama, pengemudi menggunakan handphone, kedua, pengemudi melawan arus, ketiga, pengemjudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu, keempat, pengemudi dibawah umur, kelima, pengemudi dan penumpang sepeda motor tidak menggunakan helm SNI, keenam, pengemudi kendaraan bermotor sedang dalam pengaruh miras (mabuk) atau narkoba, dan ketujuh, pengemudi berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan, dan kedelapan, pengemudi menggunakan lampu rotator/strobo.

"Harapan kami masyarakat bisa menjaga kecepatan, yang penting selamat sampai tujuan, dan tentunya etika berlalu lintas harus dijunjung tinggi, sehingga tidak menyebabkan fatalitas yang menyebabkan kecelakaan," ucapnya.

Berkaca pada angka kecelakaan lalu lintas tahun 2018 lalu, Kapolres membeberkan, terjadi peningkatan sebanyak 16 kejadian, dibanding tahun 2017, jumlah laka naik sebanyak 6 kejadian atau 167 persen..

"Dan harapan kami, tahun ini bisa menurun, baik dari segi pelanggaran, kecelakaan yang menyebabkan orang meninggal dunia, luka ringan, luka berat, dan sebagainya," imbuhnya.

Tujuan Operasi Patuh, sambung Kapolres, untuk menciptakan Kamseltibcarlantas dengan meningkatkan penekanan SDM, melaksanakan kegiatan proaktif dan pendekatan preventif.

"Operasi Patuh bertujuan untuk peningkatan bidang pelayanan baik informasi hingga administrasi dan penegakkan hukun, peningkatan profesionalisme dan transparansi khususnya dalam pelayanan., serta sinergitas dengan mitra terkait," tegasnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top