Siswa SDN 004 Loa Kulu Antusias Ikuti Kegiatan "Sehari Belajar di Luar Kelas"

Siswa-siswi SDN 004 Loa Kulu mengikuti kegiatan Sehari Belajar di Luar Kelas program Kemen-PPPA RI
(Foto: Endi)

Memperingati Hari Anak Internasional, SDN 004 Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara (Kukar) yang telah di deklarasikan sebagai salah satu sekolah ramah anak, menggelar kegiatan "Sehari Belajar di Luar Kelas", Kamis (07/11) pagi tadi.


Dengan didampingi para guru, siswa-siswi nampak antusias membaca buku pelajaran, terlihat diantaranya belajar di teras serta lingkungan sekolah  yang dipenuhi beragam tanaman hingga pohon rindang. 

Kepala Sekolah SDN 004 Loa Kulu, Sudirman, mengatakan, kegiatan "Sehari Belajar di Luar Kelas" berlangsung serentak di seluruh Indonesia dan merupakan program Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen-PPPA) RI.

"Kegiatannya kita laksanakan dari jam 7.30 sampai 11.00 Wita. Program ini nanti saya masukkan ke dalam kurikulum dan setiap bulan akan kita adakan lagi," ujarnya kepada media ini.

Sudirman menyebutkan, seluruh murid dari kelas 1 hingga kelas 6 yang berjumlah 228 orang mengikuti kegiatan tersebut.

"Tujuannya supaya anak-anak senang, bergairah dan semangat untuk belajar," imbuhnya.

Dalam kegiatan ini ada 17 tahapan, diantaranya menyambut siswa dengan 3S (Senyum, Salam, Sapa). Hal lainnya yaitu memeriksa lingkungan, menyingkirkan tanaman atau barang yang membahayakan siswa.

"Selain itu juga mematikan lampu dan kran air supaya tidak boros. Setelah itu dilanjutkan dengan membaca senyap," sambungnya.

Salah satu siswa bernama Fitra Reza mengaku sangat antusias mengikuti kegiatan belajar di luar kelas.

"Saya sangat senang karena bisa lebih dekat dengan teman-teman dan lebih akrab," ucapnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top