Bawaslu Kukar Lantik 54 Anggota Panwascam Pilbup 2020

Pelantikan 54 anggota Panwascam Pilbup Kukar 2020 di Ballroom Hotel Grand Elty Singgasana
(Foto: Endi)

Sebanyak 54 anggota Panwascam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Kutai Kartanegara (Kukar) tahun 2020 dilantik serta diberikan bimbingan teknis, Senin (23/12) di Ballroom Hotel Grand Elty Singgasana, Tenggarong.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kukar Muhammad Rahman mengatakan, berbeda dari sebelumnya, tahun ini Panwascam dari 18 kecamatan diberikan modul atau pedoman orientasi dari Bawaslu RI.

"Sehingga nilai-nilai dasar pengawasan yang harus dimiliki Panwascam kita lebih kuat, terutama dalam penanaman nilai-nilai integritas dan kredibelitas serta profesionalisme didalam bekerja," terangnya.

Mengacu pada Pemilu 2019, Bawaslu Kukar akan fokus terhadap tahapan penyelenggaraan Pilbup dengan memetakan titik-titik kerawanan Pilkada.

"Indikator itu sudah kita susun dengan melibatkan beberapa stakeholders yang ada di kabupaten untuk menyusun indeks kerawanan, itu akan menjadi acuan didalam melakukan pengawasan tahapan penyelenggaraan," beber Rahman.

Penandatanganan fakta integritas anggota Panwascam disaksikan Ketua Bawaslu Kukar M Rahman
(Foto: Endi) 

Dari 54 anggota Panwascam yang dilantik, 50 persen merupakan wajah baru, berasal dari kecamatan Muara Jawa, Marangkayu, Kembang Janggut dan Tabang. Meski beberapa diantaranya berstatus PNS, namun Rahman menekankan pentingnya netralitas agar dapat bekerja secara profesional. 

"Dia (Panwascam) sekarang sudah masuk dalam keluarga besar Bawaslu dan harus mengikuti peraturan perundang-undangan termasuk peraturan Bawaslu," tegasnya.

Secara keseluruhan, jumlah anggota Panwascam berstatus PNS dimaksud tidaklah banyak dan hanya ada sekitar 10 orang.

"Kebanyakan tenaga honor, ada yang murni wiraswasta, bahkan berprofesi adovokat. Jadi yang PNS tidak mendominasi," demikian jelas Rahman. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top