Peringati HUT Satpol PP Ke-70 dan Satlinmas Ke-58, Ini Harapan Bupati Kukar

Bupati Kukar bersama Forkopimda meninjau peserta upacara HUT Satpol PP ke-70 dan Satlinmas ke-58
(Foto: Endi)

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di Kutai Kartanegara (Kukar) diharapkan dapat menguatkan persatuan, persaudaraan dan soliditas secara internal.

Harapan itu disampaikan Bupati Kukar Edi Damansyah usai memimpin upacara peringatan HUT Satpol PP ke-70 dan Satlinmas ke-58, di halaman kantor Bupati Kukar, Kamis (05/03) pagi tadi.

Edi juga meminta Satpol PP tidak bekerja sendiri, namun selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pemangku kepentingan lainnya, baik lembaga pemerintah secara vertikal maupun non vertikal.

"Bagaimana keberadaan Satpol PP dan Linmas Kutai Kartanegara ini dirasakan oleh masyarakat, tentunya yang menjadi tugas-tugas pokoknya, dan bagaimana ketentraman di masyarakat bisa terpelihara, terjaga dengan baik," tuturnya.

Dikatakannya, di era digitalisasi saat ini, masyarakat bisa mengakses segala sesuatunya secara terbuka, diantaranya terkait kebijakan dan kinerja pemerintah khususnya kinerja Satpol PP dan Linmas, karenanya pengembangan SDM menjadi hal utama untuk meningkatan kompetensi.

"Sehingga tugas-tugas bisa dilaksanakan dengan baik, bagaimana pemahaman terhadap peraturan perundang-undangan, baik secara nasional maupun produk hukum yang berkaitan dengan Perda dan Perkada (peraturan kepada daerah)," pinta Edi.

Pemotongan kue pada peringatan HUT Satpol PP ke-70 oleh Bupati Kukar dan unsur Forkpimda
(Foto: Endi)

Ditambahkannya, sebagaimana sambutan tertulis Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Satpol PP dan Linmas diharapkan juga bersinergi dengan TNI-Polri dan jajaran penyelenggara pemilihan umum, baik KPU maupun Bawaslu, khususnya jelang penyelenggaraan Pilkada 2020.

Kepala Satpol PP Kukar Fida Hurasani, mengatakan, selain sebagai penegak Perda dan Perkada serta perlindungan masyarakat, Satpol PP juga menjadi pendorong peningkatan PAD sebagaimana amanat Direktur Satpol PP dan Linmas, Dirjen Bina Administrasi Wilayah Kemendagri, Arief Mulya Eddie.

"Kita sangat berperan disitu (peningkatan PAD), tinggal bagaimana nanti rekan-rekan di instansi teknis, karena dari dulu semangatnya sudah kita gelorakan, semua harus bisa berkontribusi," tegasnya.

Ditegaskan Fida lagi, Satpol PP telah merubah pola lama dengan mengutamakan tindakan persuasif, serta pendekatan humanis kepada masyarakat.

Peringatan hari jadi Satpol PP ke-70 yang dihadiri para Kepala OPD, Forkopimda, serta undangan lainnya ini juga diisi lomba defile, dan ditutup dengan peragaan aksi beladiri oleh anggota Satpol PP. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top