Update Sebaran COVID-19, Jumlah ODP di Kukar 154 Orang

Sebaran COVID-19 di Kukar per 25 Maret 2020 yang dirilis oleh Dinas Kesehatan
(Grafis: kutaikartanegaranews.com)

Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kutai Kartanegara (Kukar) kembali bertambah, berdasarkan data yang dirilis Dinas Kesehatan (Dinkes) Kukar, Rabu (25/03) pukul 12.00 Wita, jumlahnya naik menjadi 168 orang dan tersebar di 12 kecamatan.


10 kecamatan mengalami angka kenaikan yakni di Kecamatan Tenggarong 68 orang, Loa Kulu 3 orang, Loa Janan 4 orang, Sanga-Sanga 11 orang, Muara Badak 12 orang dan Marangkayu 11 orang.

Kemudian Tenggarong Seberang 11 orang, Sebulu 17 orang, Muara Kaman 2 orang, serta Kota Bangun 4 orang. Sedangkan dua kecamatan tidak mengalami kenaikan, masing-masing Anggana 3 orang dan Samboja 8 orang.

Kepala Dinkes Kukar dr Martina Yulianti mengatakan, isolasi di rumah bukan hanya untuk ODP, namun juga masyarakat yang datang dari daerah terjangkit atau memiliki riwayat kontak dengan orang terpapar namun tidak memiliki  keluhan. 

"Jumlah isolasi rumah yang ada di Kutai Kartanegara sampai saat ini adalah 939 orang. Ini yang perlu kita perhatikan bersama-sama, karena ODP atau pun tidak, kalau instruksinya isolasi rumah, itu sama perlakuannya yaitu kewajibannya mematuhi petunjuk isolasi rumah yang telah dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan," terangnya.

Sesuai dengan keputusan gugus tugas penanganan COVID-19 di Kukar, untuk pengawalan isolasi rumah dengan baik dan memutus mata rantai penularan, perlu kerja sama lintas sektoral di tingkat kecamatan, kelurahan/desa, serta RT.

"Untuk memastikan saudara-saudara kita yang diinstruksikan isolasi di rumah betul-betul mematuhinya, karena mereka memegang peran sangat penting memutus mata rantai, karena kita tidak ingin mereka menularkan lagi kepada orang lain meskipun kita belum memastikan mereka positif," kata Yuli.

Untuk diketahui, hingga hari ini dua pasien positif terkontaminasi COVID-19 masih menjalani isolasi di RSUD AM Parikesit.

Sementara 2 orang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) masing-masing diisolasi di RSUD ABADI Samboja dan RSUD Dayaku Raja Kota Bangun. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top