2 Lagi Karyawan Migas Terinfeksi Corona, Total Ada 85 Kasus Positif COVID-19 di Kukar

Per 14 Juli, ada penambahan 2 kasus positif dari karyawan migas yang merupakan pelaku perjalanan
(Foto: Istimewa/Grafis: Endi)

Karyawan perusahaan yang bekerja di Kutai Kartanegara (Kukar) dan terkonfirmasi positif Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) kembali bertambah.

Sebagaimana disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kukar Martina Yulianti pada Selasa (14/07), terdapat penambahan 2 kasus positif.

Pertama, KK-84, jenis kelamin laki-laki, usia 30 tahun dari kecamatan Samboja, merupakan pelaku perjalanan dari Sulawesi Selatan yang akan kembali bekerja di sebuah perusahaan migas. Hasil pemeriksaan PCR dari swab tenggorok tanggal 8 Juli 2020 menunjukkan hasil terkonfirmasi positif tanpa gejala.

"Sesuai panduan terbaru dari Kementerian Kesehatan, terkonfirmasi positif itu ada dua, yaitu simptomatik (dengan gejala) dan asimptomatik (tanpa gejala)," terangnya.

Kemudian kasus positif kedua adalah, KK-85, jenis kelamin laki-laki, usia 29 tahun dari kecamatan Muara Badak, juga merupakan karyawan perusahaan migas yang akan kembali bekerja. Hasil pemeriksaan PCR dari swab tenggorok tanggal 8 Juli 2020 menunjukkan hasil hasil terkonfirmasi positif tanpa gejala.

"Saat ini KK-84 telah menjalani karantina di RSUD Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan dan KK-85 menjalani karantina di RS Pertamina Balikpapan sejak dinyatakan terkonfirmasi positif," sambung Yuli.

Kabar baiknya, terdapat 1 kasus sembuh, yakni KK-74, usia 38 tahun, jenis kelamin Perempuan, dari Kecamatan Samboja yang juga karyawan perusahaan migas. 

"KK-74 dinyatakan sembuh setelah hasil swab tenggorok negatif 2 kali berturut-turut dan telah menjalani masa isolasi selama 10 hari," tambahnya.

Baca JugaKaryawan Perusahaan Yang Bekerja di Samboja Sembuh Dari Corona Setelah Dirawat 8 Hari

Namun ia menegaskan jika kasus positif corona yang belakangan ini didominasi karyawan migas di Kukar masih merupakan kasus impor atau dari pelaku perjalanan.

"Kalau terjadi transmisi lokal itu hasil dari kontak eratnya," jelas Yuli lagi.

Dengan demikian hingga hari ini kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kukar adalah 85 kasus. 

"Terdiri dari 11 orang sedang menjalani perawatan, 73 kasus dinyatakan telah sembuh dan 1 kasus meninggal dunia," demikian disampaikannya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top