Operasi Lilin Mahakam 2020, Bupati dan Kapolres Kukar Sampaikan Himbauan

Apel gelar pasukan dipimpin Bupati Kukar didampingi Kapolres Kukar dan Dandim 0906/Tenggarong
(Foto: Humas Polres Kukar)

Apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Terpusat Lilin Mahakam 2020 digelar di halaman Mako Polres Kutai Kartanegara (Kukar), Senin (21/12/2020) pagi tadi.

Operasi yang dilaksanakan mulai 21 Desember 2020 - 4 Januari 2021 ini merupakan bentuk sinergi Polri dengan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal dan Tahun Baru di tengah pandemi COVID-19.

Apel gelar pasukan yang dipimpin Bupati Kukar Edi Damansyah didampingi Kapolres Kukar AKBP Irwan Masulin Ginting serta Dandim 0906/Tenggarong Letkol Inf Charles Alling, ditandai dengan penyematan pita tanda operasi kepada perwakilan peserta upacara.

Terkait perayaan Natal dan menyambut Tahun Baru, Edi menghimbau seluruh masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) COVID-19. Ia menegaskan jika jelang libur akhir tahun seluruh obyek wisata milik pemerintah daerah ditutup.

Namun untuk obyek wisata yang dikelola secara mandiri, Edi menghimbau agar dilakukan pembatasan, sebab diperkarakan pada libur Natal dan Tahun Baru akan banyak didatangi pengunjung.

"Nanti akan dievaluasi, namun himbauan kami agar bisa ditutup dulu sementara, karena kita menjaga jangan sampai nanti kegiatan Natal dan Tahun Baru menjadi klaster baru," katamya.

Peninjauan pasukan dalam rangka apel gelar pasukan Operasi Terpusat Lilin Mahakam 2020
(Foto: Humas Polres Kukar)

Ia juga mengaskan jika tidak ada kegiatan perayaan malam pergantian tahun yang diperkenankan.

"Kalau doa atau syukuran di rumah ibadah tetap harus memperhatikan protokol kesehatan COVID-19. Jadi tidak ada pesta-pesta dan sejenisnya," tandasnya.

Kapolres Kukar AKBP Irwan Masulin Ginting mengatakan, pengamanan operasi Lilin Mahakam 2020 melibatkan 500 lebih personil Polri yang didukung TNI, Satpol PP dan instansi terkait.

"Setelah apel ini, setiap hari secara rutin dan diatur waktunya kita melaksanakan patroli skala besar ke tempat-tempat rawan gangguan kamtibmas maupun rawan kerumunan masyarakat, termasuk rumah ibadah tempat perayaan Natal," bebernya.

Pihaknya juga menyiapkan 20 pos PAM di 16 Polsek ditambah 4 pos PAM Polres Kukar dalam mengamankan perayaan ibadah Natal dan Tahun Baru.

"Karena kita masih menghadapi pandemi COVID-19, supaya tidak ada yang melakukan perayaan-perayaan secara berlebihan, silahkan merayakan Natal dan Tahun Baru di rumah dan di tempat-tempat ibadah," cetus Kapolres. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top