Kukar Trail Run Series 2022 Digelar 30 Oktober, Diikuti Ratusan Pelari



Ratusan pelari dari berbagai wilayah di Kalimantan Timur (Kaltim) akan hadir di Kutai Kartanegara (Kukar) pada 30 Oktober mendatang.

Kehadiran sejumlah pehoby olahraga lari ini untuk mengikuti lari lintas alam bertajuk Kukar Trail Run Series (KTRS) 2022.

"KTRS akan dilaksanakan di Desa Loa Raya, Kecamatan Tenggarong Seberang," ujar Aria Duta selaku panitia pelaksana, Minggu (23/10) lalu.

Event tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional dan Sumpah Pemuda, serta mensukseskan G20. Ia menyebut jika peserta yang mendaftar cukup antusias.

"Pendaftar hampir tembus 200 orang dari target 300 peserta. Dari jumlah pendaftar tersebut saat ini yang terjauh dari Mahakam Ulu," bebernya.

Selain tuan rumah Kukar, pelari dari Kota Bontang, Balikpapan, dan Samarinda serta daerah lainnya di Kaltim turut ambil bagian dalam event ini. 

"Namun panitia hanya membatasi 300 peserta agar segala sesuatunya dapat ditangani dengan baik, sehingga peserta dapat mengikuti event dengan enjoy dan nyaman," kata Duta.

Lanjutnya, saat ini progres persiapan telah mencapai 85 persen, sisanya merupakan finishing pemasangan marka atau petunjuk rute lari.

"Untuk medan rintangan yang akan dilewati peserta, di antaranya lahan rumput atau savanna yang sering digunakan untuk ternak sapi dan rusa liar mencari makan," ungkapnya.

Medan lainnya berupa area hutan tertutup yang basah bila dilewati dan hamparan bebatuan yang menjadi ikon desa Loa Raya. Peserta nantinya juga akan melintasi rumah warga di sekitar perkebunan jagung

"Nah, tak kalah menariknya kami siapkan rute melalui lokasi pembuatan gula aren tradisional," sambung Duta.

Dia menambahkan, peserta juga akan diberikan tanjakan dengan elevasi hampir 250 meter, ada juga downhill/turunan yang agak curam.

"Sehingga dianjurkan setiap peserta pemula (beginnner) 5K ataupun yang expert (10K) wajib mengunakan sepatu trail dan vest hidrasi," ucapnya.

Bagi setiap peserta yang mendaftar akan mendapatkan Jersey Lomba dan Medal Finisher.

"Panitia juga menyiapkan fasilitas Titik Air minum (Water Station) yang akan di sediakan di 2,5 KM dan 7,5 KM di sepanjang rute sampai pada area finish," imbuh Duta.

KTRS 2022 sendiri menjadi kegiatan lomba lari lintas alam pertama khususnya di Loa Raya dan wisata olahraga tantangan di Kukar.

"Total hadiah yang akan diberikan untuk pemenang adalah sebesar Rp 13 juta," jelasnya lagi.

KTRS 2022 merupakan hasil rekomendasi dari Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI) Kukar yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar. Tiga komunitas pelari di Kukar digandeng sebagai panitia pelaksana dalam hal teknis lomba lari lintas alam, yakni Free Runners Tenggarong, Pelandok Runners Trail, dan Batu Ampar Trail Runners . (*/HA/mmbse)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top