Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo Kunker ke Kodim 0906/Kkr

Pangdam VI Mulawarman disambut prosesi Tepong Tawar oleh Kesultanan Kutai Kartanegara
(Foto: Endi)

Tenggarong - Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Markas Kodim 0906/Kutai Kartanegara (Kkr), Rabu (02/11/2022) pagi tadi.

Kedatangan Pangdam VI Mulawarman bersama sang istri Ny Rahma Tri Budi Utomo dan rombongan disambut prosesi Tepong Tawar oleh kerabat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura serta persembahan tari selamat datang.

Selain Dandim 0906/Kkr Letkol Inf Jeffry Satria beserta jajaran dan pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Dim 0906/Kkr, turut menyambut kedatangan Pangdam yakni Danrem 091/ASN Brigjen TNI Dendi Suryadi, Asisten III Setkab Kukar, unsur Forkopimda, serta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kukar.

Mengawali kunjungannya, Pangdam melakukan penanaman pohon di halaman markas Kodim 0906/Kkr, dilanjutkan dengan memberikan pengarahan sekaligus berinteraksi dengan para prajurit.

"Alhamdulillah mereka sangat senang dengan kehadiran kita dari Kodam dan menanggapi semua yang kita sampaikan dengan serius. Tentunya ada arahan-arahan yang bisa mereka gunakan untuk melakukan tugas kedepan," terangnya kepada awak media.

Dalam sejumlah agenda Kunker ini, Pangdam juga meninjau Koramil 0906-01/Tenggarong di kawasan Jalan Danau Aji, lalu menuju Desa Jonggon untuk meninjau lahan pinjam pakai rencana perumahan Kodim 0906/Kkr dan lahan ketahanan pangan.

FKUB Kukar turut menyambut kedatangan Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo 
(Foto: Endi)

Terkait peninjauan lahan ketahanan pangan tersebut, Pangdam mengatakan bahwa seiring pembangunan IKN yang mulai berjalan, maka ketahanan pangan harus sukses.

"Pangan yang ada sementara ini didatangkan dari luar, khususnya Kalimantan Timur ini yang baru tersedia disini baru 120 ribu dari kebutuhan, sementara nanti kebutuhan secara keseluruhan sampai mencapai 700 ribu ton, berarti butuh pemngembangan lagi," beber dia.

Kodam VI Mulawarman beserta jajaran dibawahnya mulai dari Korem, Kodim, sampai dengan Koramil berkomitmen agar kebutuhan pangan bisa diatasi.

"Tentunya harus dilaksanakan secara bertahap. Awal tahap ini kita laksanakan karya bhakti dengan skala yang terintegrasi secara keseluruhan yaitu mencakup 5 kecamatan yang nanti akan kita jadikan lahan padi hortikultura dan semuanya," kata Pangdam lagi.

Mayjen TNI tri Budi Utomo yang mulai menjabat Pangdam VI/Mulawarnan pada bulan Juli 2022 lalu turut mengapresiasi pengembangan lahan ketahanan pangan di Desa Jonggon yang masuk dalam kawasan kecamatan Loa Kulu.

"Disini pengembangannya juga bagus sudah disiapkan untuk ketahanan pangan yaitu jagung dan ada juga ternak. Mudah-mudahan ini nanti bisa kedepannya juga sangat bermanfaat untuk kebutuhan IKN, Kutai Kartanegara, serta Kalimantan Timur pada umumnya," tandas Pangdam. (mmbse)

Mayjen TNI Tri Budi Utomo melakukan penanaman pohon di halaman Markas Kodim 0906/Kkr
(Foto: Endi)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top