5 Pos Disiapkan Selama Operasi Ketupat Mahakam 2023 di Kukar

Kasi Humas Polres Kukar AKP Darnuji sampaikan keterangan terkait Ops Ketupat Mahakam 2023
(Foto: Endi)

Sepekan menjelang hari raya Idul Fitri 1444 H, Polres Kutai Kartanegara (Kukar) akan menggelar Operasi Ketupat Mahakam 2023 di wilayah hukumnya.

"Itu akan dilaksanakan mulai tanggal 18 April sampai 1 Mei 2023 atau selama 14 hari," terang Kapolres Kukar AKBP Hari Rosena melalui Kasi Humas AKP Darnuji, Jumat (14/04/2023) di ruang kerjanya.

Dalam operasi tersebut, Polres Kukar telah mendirikan sejumlah pos dalam rangka pengamanan lebaran tahun ini.

"Yang pertama Pos Terpadu yaitu tepatnya di Pos Polisi Pulau Kumala, kemudian Pospam di simpang Patung Lembu Swana di jalur dua Tenggarong Seberang," beber Darnuji.

Selain itu, Polres Kukar juga mendirikan Posyan di Km 38 kecamatan Samboja, lalu 2 Pospam di rest area arah Balikpapan-Samarinda dan arah sebaliknya.

"Jadi ada 5 pos yang didirikan pada kegiatan Ops Ketupat Mahakam 2023," jelas Darnuji lagi.

Polres Kukar juga telah mengantisipasi kerawanan arus mudik lebaran bagi pengemudi kendaraan roda dua dan roda empat.

"Polri akan memberikan pelayanan kepada masyarakat, barangkali ada yang dalam mengemudi kecapean, atau ada yang sakit dan perlu pelayanan kesehatan, disitu (Posyan) kita siapkan ambulan," sambungnya.

Selain itu turut diisiagakan unit mobil pemadam kebakaran (Damkar), termasuk antisipasi perubahan cuaca seperti angin kencang yang rawan akan pohon tumbang khususnya di jalur Km 38 Samboja.

"Dari Polsek Samboja juga menyiapkan 1 unit mesin senso, karena tidak menutup kemungkinan adanya cuaca yang tidak menentu," tambah Darnuji.

Dalam operasi ini akan dikerahkan personel gabungan dari unsur terkait yakni TNI-Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, tim medis, serta Senkom.

"Kita juga sudah melakukan zoom meeting terkait kesiapan pelaksanaan Ops Ketupat Mahakam 2023," tandasnya. (mmbse)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top