Gandeng Pusintelad, Kodim 0906/Kkr dan Pemkab Gelar Binkom Cegah Terjadinya Konflik Sosial

Binkom cegah terjadinya konflik sosial digelar di aula Darmawangsa Makodim 0906/Kutai Kartanegara
(Foto: Pendim Kutai Kartanegara)

Menggandeng Pusat Intelijen Angkatan Darat (Pusintelad), Kodim 0906/Kutai Kartanegara (Kkr) bersama Pemkab Kukar menggelar pembinaan komunikasi Binkom cegah konflik sosial dalam upaya mencegah terjadinya konflik sosial dilingkungan masyarakat.

Kegiatan yang dirangkai dengan diskusi bersama ini berlangsung di aula Darmawangsa Makodim 0906/Kkr, Rabu (05/04/2023).

Dibuka secara resmi sekaligus sambutan oleh Asisten Intelijen Kasad Kolonel Inf. Junaidi, kegiatan tersebut mengusung tema peran seluruh komponen masyarakat dalam mencegah konflik sosial di wilayah teritorial Kodim 0906/Kkr.

Hadir unsur Forkopimda Kukar, perwakilan kecamatan/kelurahan/desa, Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, para tokoh, paguyuban dan ormas, serta sejumlah element masyarakat Kukar.

Binkom turut dirangkai dengan pembekalan Wasbang oleh Dandim Letkol Inf Jeffry Satria, Kepala Kesbangpol Kukar Rinda Desianti, serta Waasintel Kasad Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva.

Seraya memaparkan situasi dan kondisi di wilayah teritorialnya, Dandim 0906/Kkr Letkol Inf. Jeffry Satria dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Tim Pusintelad dan seluruh tamu serta undangan yang hadir dalam kegiatan ini. 

"Di era keterbukaan informasi ini, masyarakat harus mampu menjaring dan mencegah adanya penyebaran tentang paham ideologi dan gerakan radikalisme yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945 di mana dapat mengancam keutuhan NKRI baik yang berasal dari dalam maupun dari luar," paparnya.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Setkab Kukar Totok Heru Subroto dalam sambutannya mendukung kegiatan Binkom sebagai langkah prefentif mencegah terjadinya konflik sosial, 

"Pemkab. Kukar apresiasi Langkah-langkah persuasif TNI dalam menjaga Kamtibmas dengan meningkatkan komunikasi Bersama seluruh komponen masyarakat," ucapnya mewakili Bupati Kukar Edi Damansyah.

Sementara itu Waasintel Kasad Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva menyebutkan, upaya mencegah terjadinya konflik sosial merupakan langkah strategis yang perlu dilakukan pemerintah agar konflik tidak meluas sehingga stabilitas keamanan tetap terjaga dan kondusif. (Pendim Kutai Kartanegara/mmbse)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top